Header Ads


Breaking News

Mgr Ignatius Suharyo Jadi KARDINAL. Sudah Diprediksi!!!


Minggu, 1 September 2019. Usai berdoa Malaikat Tuhan (Angelus) pukul 12 siang waktu setempat, Bapa Suci Paus Fransiskus mengumumkan 13 nama Kardinal baru untuk mendampingi beliau. Salah satu di antaranya adalah Mgr Ignatius Suharyo!

“Saya mendengar langsung nama Mgr Suharyo disebut oleh Sri Paus seusai Doa Angelus. Awalnya saya tidak percaya dan merasa salah dengar. Keraguan saya itu langsung hilang saat dalam hitungan menit, berita-berita resmi bermunculan di media sosial. Dan saya pun mengunggah status di facebook saya,” tulis mantan Pemimpin Redaksi Majalah Salam Damai, Rama Yohanes Gunawan Pr, yang saat itu masih menjalani studi di Roma, kepada Salam Damai.
Lalu Rama Gun segera menulis berita gembira ini di dalam facebook nya, ”Puji Tuhan, Mgr Suharyo diangkat menjadi Kardinal oleh Paus Fransiskus siang ini di Vatikan seusai doa Angelus (Minggu, 1/9/2019).”  Dalam hitungan menit, status facebook nya itu dikomentari sebanyak 122 orang, dibagikan sebanyak 61 kali, dan di-like 486 orang.
Mgr Suharyo memang layak mendapat gelar kehormatan itu sebagai penasihat Paus, serta berhak memilih dan dipilih menjadi Paus masa depan, jika melihat kebijaksanaan, kerendahanhati dan kecerdasannya,” tulisnya.
                Di Keuskupan Agung Jakarta, di mana Mgr Suharyo memimpin, juga terjadi hal yang unik. Dalam hitungan menit setelah pengumuman itu, halaman parkir Gereja Katedral Jakarta mendadak dipenuhi karangan bunga bertuliskan ucapan atas terpilihnya Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menjadi Kardinal Indonesia. Karangan bunga itu berasal dari beragam pejabat dan lembaga.
    Sang Kardinal baru itu justru tahu belakangan.  Dalam jumpa pers Kamis (5/9) yang dipublikasikan live streaming lewat youtube,  Mgr Haryo bercerita, bahwa pada waktu itu handphone-nya ramai sekali. Tetapi beliau tidak mengangkat telepon masuk tersebut karena tidak mengenal nomor-nomor tersebut.
“Baru ketika Nuntio (sebutan untuk Duta Besar tahta suci Vatikan –red.) menelpon, saya baru tahu bahwa saya ditunjuk oleh Paus Fransiskus menjadi Kardinal,” ucap Mgr Suharyo. “Saya terkaget-kaget, karena tidak ada pemberitahuan apa-apa sebelumnya,” lanjut Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) itu, yang disambut tawa para jurnalis..........


(kupas tuntas hanya di edisi 120 volume 11 - oktober 2019)  

Tidak ada komentar