Header Ads


Breaking News

Temu Karya Uskup Regio Jawa 2019

Sebanyak 7 uskup dan 50 kuria dari 7 keuskupan saat Temu Karya Uskup Regio Jawa 2019 di Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan.

TEMU Karya Uskup Regio Jawa 2019 diadakan di Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan, Selasa-Kamis, 2-4 Juli 2019. Temu tahunan ini diikuti oleh 50 orang dari Kuria Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Malang, Keuskupan Bogor, Keuskupan Purwokerto, dan Keuskupan Surabaya. Sedangkan dari Keuskupan Agung Semarang (KAS) selain Rama Kuria, hadir pula para Vikep (Vikaris Episkopal).
Temu karya ini diawali dengan Ekaristi pada pukul 5 sore di Kapel Richardus. Sebagai konselebran utama adalah Mgr Rubiyatmoko. Ekaristi ini mengambil tema ‘Perutusan dan Kesaksian Iman Gereja di Tengah Masyarakat Indonesia yang Majemuk’.
Sesi pengantar disampaikan oleh Vikjen KAS Rama YR Edy Purwanto Pr pada pukul 8 malam. Selain perkenalan peserta, sesi ini diisi sharing penggembalaan oleh Mgr Robertus Rubiyatmoko. Mgr Ruby berbicara tentang Ardas, RIKAS, dan tata pastoral di KAS. Dalam hal ini Bapa Uskup berbicara tentang kevikepan sebagai pusat kegiatan pastoral.
“Melalui  pencanangan ini kami mau menjadikan kevikepan-kevikepan sebagai pusat, di mana kegiatan-kegiatan itu direncanakan, dirumuskan, dan dievaluasi di tingkat kevikepan masing-masing. Dalam hal ini Rama Vikep mempunyai peran yang sangat besar sekali dalam untuk menjadi penanggungjawab reksa pastoral di bawah tanggung jawab uskup,” ujar Mgr Ruby.
Sharing para uskup dilanjutkan di hari kedua yang diisi dengan dinamika dari keuskupan-keuskupan Jakarta, Bandung, Bogor, Purwokerto, Malang, dan Surabaya. 

Ketujuh uskup regio Jawa usai misa pembukaan Temu Karya Uskup Regia Jawa 2019.
Melcosh Camping Ground
Sore hari peserta diajak mengikuti kegiatan di Melcosh di seputar Kaliurang Yogyakarta. Melcosh adalah  outdoor cafĂ© dengan konsep alam. Dalam kesempatan itu, Mgr Rubiyatmoko meresmikan Melcosh Camping Ground.
Di sini peserta diajak untuk melihat praksis KAS dalam gerakan pemberdayaan, kaderisasi dan advokasi. Ada 5 narasumber: Rama Aloys Budi Purnomo Pr dengan materi Srawung Orang Muda Lintas Agama, Advokasi Kasus Intoleransi di KAS oleh Rama FX Endra Wijayanto Pr, Kaderisasi OMK lewat Sekolah Penggerak Orang Muda oleh Rama Heribertus Budi Purwantoro Pr,  serta Upaya Kreatif Menunjang Lembaga Pendidikan oleh Rama Y Denny Sulistyawan Pr dan Rama Marcelinus Roselawanto Pr.
Hari ketiga diisi dengan materi kebangsaan dengan 2 narasumber: Drs Andreas Pandiangan Msi dengan materi tugas gereja untuk mengawal hasil pemilu 2019 dan penguatan keindonesiaan dari perspektif ruang publik politik lokal, serta Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto dengan materi perspektif kebangsaan dan apa yang dilakukan Gereja bersama masyarakat untuk mempertahankan NKRI dan Ideologi Pancasila.
Rangkaian Temu Karya ditutup dengan rapat kerja merumuskan rencana tindak lanjut yang bisa dilakukan sebagai gerakan bersama di keuskupan-keuskupan Regio Jawa serta rekomendasi kepada Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) untuk bisa dijadikan sebagai gerakan tingkat nasional. # Anton Wijayanto/Elwin


Para uskup regio Jawa menikmati Melcosh Camping Ground di seputar Kaliurang Yogyakarta.


Tidak ada komentar