Header Ads


Breaking News

Umat Diajak Mengenal dan Menyikapi Hoax


PAROKI IGNATIUS MAGELANG - Tim pelayanan Komunikasi Sosial (Komsos) Gereja Santo Ignatius Magelang bekerja sama dengan Komunitas Pager Piring menyelenggarakan acara edukasi umat dengan tema Mengenal dan Menyikapi Hoax di Sekitar Kita. Acara digelar pada hari Jumat 5 Juli 2019 di Gedung Pelayanan Pastoral Gereja Santo Ignatius.
Menurut ketua panitia Valentino Oktalibra sekaligus ketua Komsos St Ignatius, ada sekitar 50 peserta yang hadir dalam acara ini, termasuk anggota Dewan Harian, aktivis Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan, aktivis Kerasulan Kemasyarakatan, utusan wilayah serta lingkungan. Hadir pula FX Heru Riyanto (Ketua Bidang Persaudaraan dan Paguyuban DP St. Ignatius).
“Sebagai pemateri Irfi Ummah dan Ayik Teteki adalah dari Mafindo Magelang Raya,” ucap Valentino.
Selama dua jam penuh peserta belajar mengenai jenis hoax, alasan penyebaran hoax, termasuk juga beberapa perangkat agar dapat mengenali hoax. Pada intinya peserta diajak untuk ber-medsos secara bijak dan mengedepankan sikap kritis.
“Bijak dan sikap kritis selalu perlul kita kedepankan dalam ber-medsos. Itu cara kita meredam hoax,” ucap Irfi.
Dua hal ini setidaknya mampu menjadi rem yang cukup kuat untuk meredam penyebaran hoax, terutama yang masif disebar lewat grup WA, FB, instagram dan sebagainya. Peran serta masyarakat dalam menyikapi hoax secara tepat niscaya akan berkontribusi pada kehidupan bersama yang lebih nyaman dan damai.
FX Heru Riyanto menyambut baik diadakannya acara ini, sekaligus berharap agar ada program lanjutan, terutama untuk segmen peserta yang berbeda. # Greg Wijaya


CINDERAMATA: Irfi K Ummah (tengah) dan Ayik Teteki (kanan) menerima ucapan terima kasih dari ketua bidang persaudaraan dan paguyuban FX Heru Riyanto. (Foto: dok.)

Tidak ada komentar