Header Ads


Breaking News

Serikat Yesus Serahkan Paroki Danan Kepada Imam Praja

PAROKI DANAN – Minggu, 14 Juli 2019 menjadi hari bersejarah bagi Keuskupan Agung Semarang, terlebih Paroki St Ignatius Danan, Giriwoyo, Wonogiri. Di hari inilah Serikat Yesus menyerahkan penggembalaan paroki ini kepada rama-rama Praja/Diosesan. Serah terima dilakukan antara Provinsial SY Rama Petrus Sunu Hardiyanto SY dan Bapa Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko di pelataran Gua Maria Sendang Ratu Kenya.

SERAH TERIMA: Provinsial SY Rama Sunu SY (kanan) menyerahkan Paroki Danan kepada Bapa Uskup. (Foto: Komsos KAS)


Serikat Yesus mutusaken, ngonduraken paroki menika dateng astanipun Bapa Uskup. Pramila, matur nuwun sanget ing dinten menika kula amakili Serikat Yesus badhe angonduraken kapitadhosan Bapa Uskup dateng para Yesuit. Matur nuwun Bapa Uskup,” ucap Rama Sunu dalam bahasa Jawa.
Rama Sunu berharap, dengan beralihnya penggembalaan kepada rama-rama diosesan KAS paroki ini akan maju di masa depan. Selamat kepada Rama Nunung dan Rama Boni untuk melanjutkan akar yang sudah ditanam ini untuk bisa menghasilkan daun yang rimbun dan buah-buah, yaitu persahabatan yang menyenangkan bagi Gereja dan bangsa Indonesia.
Pada kesempatan itu, Mgr Rubiyatmoko mengucapkan terima kasih kepada Serikat Yesus dan para rama yang telah berkarya babat alas di Paroki Danan hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Ini sungguh sangat luar biasa. Paroki ini belum cukup tua dari sisi usia, namun memiliki perkembangan jemaat yang sangat luar biasa. Ini semua tidak bisa dilepaskan dari kreativitas dan daya upaya dari para rama Yesuit. 
Bapa Uskup bertutur, “Awalnya paroki ini digembalakan oleh rama-rama Serikat Yesus dengan semangat Ignasian.  Dan pada hari ini Minggu (14/7), rama-rama praja siap menerima estafet penggembalaan yang sudah dilakukan selama lebih dari 29 tahun. Imam praja pertama yang berkarya di Paroki Danan adalah Rama Agustinus Nunung Wuryantoko Pr dan Rama Bonifasius Dwi Yuniarto Nugroho Pr.”

Rama Nunung, Pastor Kepala Paroki Danan pertama dari imam Praja. 
Pada hari yang sama Dewan Paroki Danan bersama Rama Nunung dan Rama Boni dilantik oleh Bapa Uskup. Paroki St Ignatius Danan, Giriwoyo, Wonogiri, dipersiapkan menjadi paroki pada tahun 1990. Pada tahun tersebut bangunan gereja paroki berupa Joglo Limasan. Lalu pada tanggal 1 April 1997 menjadi paroki administratif. Dan paroki ini diresmikan tanggal 24 Agustus 1998 oleh Mgr Ign Suharyo.
Pada kesempatan itu pula dirayakan dan disyukuri HUT ke-60 Gua Maria Sendang Ratu Kenya, Wonogiri. Tampak beberapa rama dan umat yang berjumlah ratusan hadir menyaksikan peristiwa bersejarah ini. # Elwin

Tidak ada komentar