Header Ads


Breaking News

HUT Gereja Mlati Ditandai Keduri Lintas Agama


PAROKI MLATI - Peringatan HUT ke-83 Gereja St Aloysius Gonzaga Mlati, diperingati dengan kenduri bersama warga Mlati Glondong, Jumat (26/7). Kenduri lintas iman ini dihadiri oleh 5 tokoh agama Islam, Budha, Hindu, Kristen, dan Katolik. Hadir pula tokoh masyarakat seperti Wakil Bupati Sleman, Kepala Desa, Ketua RT dan RW, serta dewan paroki Mlati.

KENDURI: Umat Paroki Mlati bersama warga sekitar mengikuti kenduri HUT ke-83 Paroki Mlati. (Foto: Chicilia) 

Kepala Paroki Mlati, Rama Yulius Sukardi Pr, mengatakan bahwa pelaksanaan kenduri ini berbeda karena doa ucapan syukur yang dipanjatkan pun berbeda-beda sesuai dengan agama masing-masing. Tradisi kenduri dipilih sebagai wujud srawung dengan masyarakat dan untuk mempertahankan budaya tradisi di kalangan masyarakat Sleman.
“Bersyukur atas berkat dan doa yang diberikan oleh seluruh masyarakat yang hadir menurut keyakinan agama masing-masing untuk bersama berdoa pada bulan syukur Gereja,” ungkap Rama Kardi.
Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Ibu Hj Sri Muslimatun MKes mengatakan, penyelenggaran kenduri bersama ini diharapkan dapat menjadi sarana yang memfasilitasi, hubungan antar manusia dan hubungan manusia dengan Tuhannya.
“Apresiasi yang luar biasa kepada Gereja Santo Aloysius Gonzaga Mlati yang telah nguri-uri kebudayaan Jawa dan dapat terjalinnya hubungan antar agama yang baik. Saya berharap semoga semua masyarakat dapat semakin guyub rukun. Kearifan dalam masyarakat inilah yang merupakan identitas komunitas dalam masyarakat di kabupaten kita, sekaligus memperkuat keistimewaan Yogyakarta,” tutup Hj Sri Muslimatun. # Chicilia Rosa Linda Keban

Tidak ada komentar