Header Ads


Breaking News

Wanita Katolik RI Peringati HUT ke-95


POSE BERSAMA: Dua narasumber dan pengurus DPD Jawa Tengah berpose usai seminar. (Foto: dok.)

HUT ke-95 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) diperingati WKRI DPD Jawa Tengah dengan ziarah dan seminar. Ziarah ke makam pendiri dan mantan pengurus Wanita Katolik RI diadakan pada tanggal 26 Juni 2019 di Heaven Hill Semarang dan di Gua Maria Kerep Ambarawa. Sedangkan seminar bertema ‘Menegakkan Kehidupan Bermusyawarah yang Bermartabat dalam Rangka Merawat NKRI dan Kebhinekaan diselenggarakan pada Minggu, 30 Juni 2019 di Kantor Pelayanan Pastoral Keuskupan Agung Semarang (KPP KAS).
Dalam sambutan, ketua Presidium DPD Jawa Tengah MM Nunung Purwanti mengajak seluruh anggota  menyadari akan adanya perbedaan sebagai pribadi. Karenanya semangat untuk meneguhkan aku dan kamu menjadi semangat ‘kita’ menjadi sangat penting.
Seminar ini menghadirkan 2 narasumber: ketua DPP Wanita Katolik RI Justina Rostiawati dan anggota komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan MY Esti Wijayanti. Justina berbicara seputar tema Merawat NKRI dan Kebhinnekaan dalam Masyarakat Plural.
“Merajut keberagaman dalam menjaga dan menghidupi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dapat dilakukan melalui 3 komunitas, yaitu, keluarga, lingkungan, dan masyarakat,” tuturnya.
Sementara Esti Wijayanti berbicara tentang kontribusi perempuan bagi politik dan demokrasi. Ada beberapa yang menjadi alasan mengapa perempuan perlu terlibat dalam politik. Beberapa alasan itu adalah alasan keadilan dan kesetaraan, demi kepentingan perempuan, emansipasi, dan karena perempuan bisa menjadi panutan.
Menurut ketua panitia Rosalia SP, tujuan dari kegiatan seminar ini adalah untuk memberi pemahaman agar wanita mampu berpartisipasi aktif serta peduli dan berani mengambil peran dalam merawat kebhinnekaan. # Elwin

Tidak ada komentar