Header Ads


Breaking News

Sebanyak 418 Imam Perbarui Janji Imamat


Menjelang hari Kamis Putih, sebanyak 418 imam berbagai tarekat dalam wilayah gerejani Keuskupan Agung Semarang (KAS) membarui janji imamat mereka di hadapan Bapa Uskup dan umat dalam perayaan Ekaristi Pembaruan Janji Imamat di Gereja Katedral, Selasa, 16 April 2019. Selain itu, diadakan pula pemberkatan atas 3 minyak pelayanan.



DALAM pembaruan janji imamat ini, Mgr Robertus Rubiyatmoko memberikan 3 pertanyaan kepada para imam terkait kesediaan para imam. Pertama, tentang kesediaan para imam untuk membarui janji yang pernah diucapkan di hadapan Uskup dan Umat. Kedua, kesediaan para imam untuk bersatu lebih erat dengan Kristus dan menjadi lebih serupa denga-Nya.
Dan ketiga, “Bersediakah para Rama menjadi pelayanan misteri Allah dalam perayaan Ekaristi Kudus dan dalam upacara liturgi lainnya, serta setia menunaikan tugas suci mengajar umat, seturut teladan Kristus, Pemimpin dan Gembala kita, bukan sebagai orang-orang yang ingin akan harta benda, tetapi semata-mata karena hasrat ingin menyelamatkan sesama?” tanya Bapa Uskup, yang diikuti jawaban ‘kami bersedia’ oleh seluruh imam.
Usai pembaruan janji imamat ini, Bapa Uskup memberkat tiga minyak pelayanan, yaitu minyak Pengurapan Orang Sakit atau Oleum Infirmorum (OI), minyak Katekumen atau Oleum Catechumenorum (OC), dan minyak Krisma atau Sanctum Chrisma (SC). Dalam pemberkatan ini Bapa Uskup didampingi Vikep Semarang Rama Antonius Budi Wihandono Pr dan Pastor Kepala Katedral Rama Herman Yoseph Singguh Sutoro Pr. Usai pemberkatan, ketiga minyak tersebut dibagikan ke seluruh paroki di KAS.

Dalam homili, Mgr Rubiyatmoko mengulas seputar ‘Komunitas dan Kolegialitas’. “Sebagai orang-orang tertahbis, hendaknya para imam menghayati hidup dalam kebersamaan dengan Tuhan Yesus dan para imam. Kedua, hendaknya para imam hidup dan terlibat dalam misi Yesus bersama imam yang lain,” tegas Monsinyur.
Sehari sebelumnya, para rama juga menggeluti tema serupa dalam rekoleksi di Bandungan yaitu ‘Menghayati Hidup Berkomunitas dan Kolegialitas Imami’. Rekoleksi dibimbing Provinsial SJ Rama Petrus Sunu Hardiyanto SJ dan Rama A Priyono Marwan SJ (mantan provinsial SJ).
Dalam perayaan agung ini, selain para Rama Kuria tampak pula sebagai konselebran para pimpinan tarekat dan unio, seperti Rama Petrus Sunu Hardiyanto SJ, Rama Simon Petrus Sumargo MSF (Provinsial MSF) dan Rama Petrus Noegroho Agoeng Sri Widodo Pr (Ketua Unio KAS). # Elwin










Tidak ada komentar