Header Ads


Breaking News

Membangun NKRI dalam Terang Iman Katolik


UNIVERSITAS Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) unit Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) bekerjasama dengan penerbit percetakan Kanisius menyelenggarakan seminar dan bedah buku dengan tema ‘Membangun NKRI dalam Terang Iman Katolik’, Minggu (19/5) di auditorium gedung Thomas Aquinas UAJY. Acara ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Rama Julius Kardinal Darmaatmadja SJ sebagai penulis buku, Rama Basilius Edy Wiyanto Pr, dan Yoachim Agus Tridiatno. 
POSE BERSAMA: Narasumber bersama rektor UAJY, ketua panitia, dan perwakilan Kanisius. (Foto: Warih)


Kegiatan ini diikuti oleh 313 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, rohaniwan, biarawati, serta masyarakat umum yang tertarik dengan gagasan Kardinal Darmaatmadja dalam buku berjudul ‘Umat Katolik Dipanggil Membangun NKRI’. Menurut ketua penyelenggara Bernardus Wibowo Suliantoro, kegiatan ini tidak terbatas untuk umat Katolik saja tetapi juga terbuka bagi umat beragama lain.
Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng. PhD. Dalam sambutan, Prof Yoyong mengapresiasi seminar dan bedah buku ini. “Umat Katolik tersebar di berbagai macam profesi. Saya kira acara ini sangat relevan dengan situasi sosial kemasyarakatan saat ini,” ujar Prof Yoyong.
Rama Julius Kardinal Darmaatmadja mengatakan bahwa Pancasila dirumuskan sebagai kristalisasi dari unsur-unsur nilai gotong royong, saling menghormati persaudaraan yang sudah ada. “Rasanya kuasa Allah lewat Gereja-Nya maupun di luar Gereja-Nya menyatu di Indonesia ini pada saat Indonesia merdeka. Dan orang-orang Indonesia berhasil membuat ideologi bangsa yang begitu bagus,” ujar Kardinal Darmaatmadja. # Monica Warih

Tidak ada komentar