Header Ads


Breaking News

Imelda Marietta: Fotografi Itu Bahagiakan Orang Lain


MEMBAHAGIAKAN orang lain, itulah asyiknya memotret. Begitulah yang dialami Imelda Marietta. Di usianya yang mengijak 70 tahun bulan Mei nanti, ia masih aktif memotret ke sana kemari. Seperti siang itu, tatkala ia mengabadikan acara Misa Natal Lansia di Gereja Keluarga Kudus, Atmodirono, Semarang. Dengan gesit ia ‘cepret’ setiap momen acara.
Kecintaannya pada dunia fotografi, ia dapat dari sang ayah yang juga seorang fotografer. Imelda masih ingat betul, bagaimana ayahnya memberinya kamera dan mempercayainya untuk memotret. “Waktu itu usia saya masih 15 tahun. Selesai memotret, klise filmnya saya cuci-cetak sendiri. Dan menurut ayah hasil cepretan saya bagus,” kenang pensiunan guru SD Cor Jesu Semarang.
Dalam 55 tahun berkutat dengan fotografi, Imelda memiliki banyak kenangan, terlebih saat dipercaya memotret peristiwa-peristiwa Gereja, seperti pembaptisan, komuni pertama, sakramen penguatan. “Yang paling terkesan adalah ketika memotret para suster mengucapkan kaul dan saat memotret tahbisan rama,” ucapnya bangga.
Imelda merasa senang karena kini banyak anak muda memiliki minat fotografi. Menurutnya, regenarasi dalam fotografi harus ada. Meski begitu, ia akan tetap aktif memotret, sekalipun seluruh rambutnya telah memutih. Sampai kapan memotret?
“Sampai Tuhan menghendaki,” jawabnya sambil tersenyum lebar. # Elwin



Tidak ada komentar