Header Ads


Breaking News

Umat Bongsari Peringati Hari Orang Sakit Sedunia


Umat Bongsari Peringati Hari Orang Sakit Sedunia

SUSTER SEPUH: Para Suster Sepuh juga memperoleh Sakramen Pengurapan Orang Sakit bersama umat lansia lainnya. (Foto: dok.)
KUNJUNGAN: Rama Melkyor SJ (dua kiri) bersama tim mengunjungi umat yang terbaring sakit di RS St Elisabeth Semarang.
PAROKI BONGSARI Hari Orang Sakit Sedunia ke-27 diperingati oleh umat Paroki St Theresia Lisieaux Bongsari, Sabtu (9/2) di gedung gereja. Misa Hari Orang Sakit Sedunia ini dipimpin oleh Rama Yakobus Sudarmadi Pr dari Stasi BSB serta Rama Antonius Melkyor Pando SJ dari Paroki Bongsari.
Hadir sekitar 180 umat, terdiri dari   umat lansia (Lanjut Usia) termasuk para suster sepuh dan juga anak-anak, satu diantaranya Lidwina Nathania Gunawan penderita kelainan jantung bawaan.
Dalam homili, Rama Sudarmadi menceritakan kisah tentang patung Yesus tanpa tangan. Rama Sudarmadi berharap, dalam rangka Hari Orang Sakit Sedunia, umat Katolik pada khususnya, diketuk pintu hatinya untuk mau menjadi perpanjangan tangan Allah di dunia bagi sesama kita yang membutuhkan. Tak hanya yang sakit, tetapi juga membutuhkan penghiburan. Mau berdoa bagi sesama yang membutuhkan jamahan kasih Allah pada jiwa dan kehidupan mereka,” harapnya.
Dalam misa ini juga diadakan pemberian Sakramen Pengurapan Orang Sakit. Setelah menerima komuni, bagi umat yang membutuhkan, dapat menerima sakramen tersebut. Para suster yang memakai kursi roda pun tampak diantar ke depan untuk menerima sakramen tersebut. Rama pun mendatangi suster sepuh yang sudah tidak mampu berjalan jauh di sisi belakang.
Usai misa, seluruh umat disambut dengan hidangan bubur ayam dan teh hangat di halaman samping gereja. Perpaduan yang menyenangkan untuk menutup peringatan Hari Orang Sakit Sedunia tersebut.
Siang harinya, pukul 09.30, Rama Melkyor SJ melanjutkan misinya hari itu untuk memberi sakramen pengurapan orang sakit ke rumah umat di lingkungan sekitar gereja. Selain itu, Rama Melky, juga mengunjungi seorang pasien di RSUP Kariadi Semarang didampingi keluarga pasien. Ada tujuh orang yang dikunjungi Rama Melky bersama tim dokter dari Yayasan Sosial Soegijapranata dan tim PSE Paroki Bongsari.
Tampak rona haru dan bahagia saat kunjungan dilaksanakan. Masing-masing keluarga membawa harapan besar agar mendapat jamahan kasih Bapa melalui sakramen pengurapan orang sakit yang mereka terima. Semoga di tahun depan, makin banyak umat yang berpartisipasi dalam peringatan Hari Orang Sakit Sedunia ini, agar lebih banyak karya kasih Bapa yang terjadi baik dalam kehidupan rohani maupun jasmani. # Didik SJ



Tidak ada komentar