Header Ads


Breaking News

Yustinus Tri Utama: Hidup untuk Membahagiakan Orang Lain


YUSTINUS Tri Utama lahir pada 6 Oktober 1966 di Solo, Jawa Tengah. Beliau adalah tujuh bersaudara dari pasangan Bernadeta Sutiyem dan Sumarto Siswasuhardjo. Saat ini Yustinus berumur 52 tahun. Sejak muda sudah aktif dalam kegiatan-kegiatan gereja. Bahkan saat duduk di bangku SMP,  Yustinus sudah menjadi seorang aktivis Pemuda Katolik dalam paguyuban Legio Mariae di RS. Brajat Minulyo, Solo dan ikut aktif dalam pertemuan Taruna Kampung Kepemudaan. Di sekolah pun ia tergolong aktif dalam organisasi sekolah seperti OSIS dan kelompok organisasi lain di sekolah.
Bapak yang suka berorganisasi sejak remaja ini mempunyai hobi berenang, rekreasi lintas alam, dan outbound. Walaupun  aktif dalam berorganisasi dan menjalankan hobinya, tetapi tidak melupakan perannya dalam keluarga. Yustinus atau akrab dipanggil Pak Tri ini selalu menyediakan waktunya untuk dapat berkumpul dengan keluarga. Suami dari Sylvia Linawati Ong ini dikarunia lima anak yaitu Adhel (23), Rensi (20), Valen (18), Mikael (15), dan Vinsen (10). Tri juga sosok yang menghormati kedua orangtuanya sekaligus juga mengagumi mereka. "Sosok ibu dan bapak saya adalah idola bagi saya" demikian penjelasan  Tri.
Sebagai kepala keluarga, Tri mempunyai kegiatan rutin dalam keluarga yaitu selalu pergi Misa ke Gereja bersama-sama keluarga dan mengikuti kegiatan di Gereja. Namun sebisa mungkin  selalu meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga. Tri sendiri di Gereja St. Yohanes Evangelista, Kudus saat ini menjabat sebagai koordinator wilayah. Sebagai koordinator, Tri sangat senang dapat bertemu dengan rekan-rekan, sehingga dapat menambah relasi dan pengalaman kepuasan batin untuk melayani orang. Beliau juga menyampaikan suka-duka saat menjadi koordinator wilayah yaitu pengorbanan waktu dan kesulitan dalam mengajak orang untuk terlibat. Selain aktif di Gereja, sosok Tri juga aktif dalam kegiatan di lingkungan tempat tinggal baik di lingkup RT maupun RW. Tri dipercaya sebagai pengurus seksi sosial RT dan kerja bakti di Perumahan Kudus Permai serta aktif dalam kunjungan orang sakit.
Istri Tri sepenuhnya mendukung peran suaminya dalam berbagai kegiatan baik di lingkungan tempat tinggal maupun di Gereja. Dukungan istri baik secara moril dalam bentuk doa maupun materiil dalam bentuk perngertiannya menjadi sangat penting bagi Tri. Bu Sylvia Linawati Ong sebagai Istri Tri juga aktif sebagai Ketua Lingkungan Yusuf dan pengurus RT di Dasa Wisma serta Ketua PKK Karyawan PT Djarum dan penggiat Alumni SMPK serta sebagai Mitra di SD Cahaya Nur selama 3 periode (2016 - 2019).
Tri memiliki motto dalam hidupnya yaitu "Hidup ini untk membahagiakan orang lain”  dan dia juga menyampaikan dasar semangatnya yang tertulis dalam K.S. Injil Lukas 16:10 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar." Tri juga memiliki mimpi dan cita-cita di Gereja St. Yohanes Evangelista, Kudus yaitu agar dalam kepengurusan di Gereja Paroki Kudus terlibat pula muda-mudi Katolik sehingga ada ide-ide baru yang muncul agar semakin meningkatkan keterlibatan anak muda dalam lingkungan maupun di Paroki. Harapannya kedepan adalah semoga keterlibatan rekan-rekan muda untuk mau terlibat dalam kegiatan-kegiatan Paroki dapat semakin meningkat.
* (Andreas Eendhra Permana - Komsos Paroki Kudus).

No comments