Header Ads

Breaking News

Sinopsis Majalah SALAM DAMAI Edisi 108 Vol 10 (Oktober 2018)


Tema: Srawung Persaudaraan Sejati

Menyuguhkan beragam rubrik informatif dan menarik, antara lain:

Fokus  
Srawung di Negeri Bhinneka
         Empat tahun lalu, upaya membangun ‘jembatan’ itu mewujud dalam peristiwa besar Kongres Persaudaraan Sejati Lintas Iman di Muntilan, yang diinisiasi oleh Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (HAK KAS).
Tahun ini, tepatnya 26-28 Oktober 2018, Komisi HAK-KAS mengadakan perhelatan serupa dengan nama Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018 di Semarang. Apa ada perbedaan signifikan antara kegiatan tahun 2014 dan 2018? Setidaknya penggunaan kata ‘Srawung’ menggantikan kata ‘Kongres’?
Liputan Khusus
Dies XX FMKI Jawa Tengah
            Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) merupakan rumah bersama bagi umat Katolik awam yang ingin menanggapi panggilan Allah untuk merasul melalui bidang sosial, politik, dan kemasyarakatan. Demikian dikatakan oleh Bapa Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko dalam sambutan tertulis saat Dies XX FMKI wilayah Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (15-16/9).
Lebih lanjut Mgr Rubiyatmoko menegaskan, sebagai rumah bersama, FMKI sudah semestinya terbuka bagi umat Katolik manapun untuk menjadi anggotanya dan siap untuk menjadi simpul perekat serta pemersatu bagi kelompok-kelompok umat beriman. Dengan cara ini FMKI juga berperan menjadi pendorong dan penggerak bagi awam Katolik untuk merasul dengan cara yang sangat khusus demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia.  

Gerakan Solidaritas Gereja KAS Peduli Lombok
Konsultasi Keluarga
Selingkuh, Tobat, Selingkuh Lagi
Rama Yeremias terkasih. Saya mempunyai anak yang telah bersuami selama 3 tahun dan tinggal di Bandung. Namun pada tahun ke-2 suaminya beberapa kali kedapatan berselingkuh. Sebagai ayah, saya menyarankan suaminya untuk mengikuti suatu retret khusus lelaki. Alhasil si suami menyesal dan bertobat atas perbuatannya. Anak saya pun bahagia. Namun dua tahun berselang, si suami kambuh lagi berselingkuh, terlebih setelah ditugaskan kantornya di luar kota. Sebagai ayah, saya tidak tega melihat kehidupan anak saya. Apa yang sebaiknya saya lakukan sebagai ayah untuk membantu anak saya, selain doa? Bijaksanakah saya turut campur terhadap keluarga anak saya? Terima kasih saran Rama. 



Konsultasi Iman
Mengapa Bunda Maria Memiliki Banyak Gelar?
Rama AG Luhur Prihadi terkasih, dalam sebuah buku doa kepada Bunda Maria, ada banyak gelar untuk menyebut nama Bunda Maria. Gelar itu antara lain, ‘Benteng Daud’, ‘Benteng Gading’, ‘Tabut Perjanjian’, ‘Cermin Keadilan’, ‘Takhta Kebijaksanaan/Sedes Sapientiae’, ‘Bintang Timur/Bintang Fajar/Stella Matutina’, ‘Pintu Surga’, ‘Bintang Samudera/Stella Maris’, ‘Mawar Gaib/Rosa Mystica’, ‘Hamba Tuhan/Ancilla Domini’, ‘Ratu Bidadari/Regina Angelorum’, ‘Ratu Damai/Regina Pacis’, dll.
Pertanyaan saya: apa yang melatarbelakangi adanya banyak gelar Bunda Maria? Apakah semua gelar itu termuat dalam dokumen Gereja? Apakah bisa dikelompokkan, mungkin berdasarkan kedudukan atau sifat gelar tsb? Bagaimana umat Katolik harus bersikap terhadap gelar-gelar tsb? Terima kasih atas pencerahan Rama Luhur. Berkah Dalem.

Remaja
Bersama Mgr Rubi Rayakan HUT Pramuka
Satu Pramuka, satu Indonesia!..... Satu Pramuka, satu Indonesia!..... Satu Pramuka, satu Indonesia!..... Pekikan itu terdengar menggelegar dalam gereja Katedral yang dipenuhi ratusan adik-adik Pramuka. Mereka berasal dari tingkat Penggalang sampai Penegak yang tergabung dalam Tim Kerja Kepramukaan (TKK) di Kevikepan Semarang.
Akhir Agustus lalu, TKK merayakan hari Pramuka ke-57, dengan tema ‘Pramuka Perekat NKRI’. Perayaan diisi dengan Ekaristi bersama dan Pentas Seni di area Geraja Katedral Semarang.

Konsultasi Anak
Anakku Autis Kuajak Misa
Ibu Elizabeth yang terkasih, saya memiliki 2 anak: putera 8 tahun dan puteri 4 tahun. Anak kedua tumbuh seperti layaknya anak lainnya. Namun anak pertama, sebut saja Michael, termasuk golongan anak berkebutuhan khusus, tepatnya autis. Dalam mendidik kami tidak membedakannya, termasuk pendidikan rohani. Setiap minggu kami mengajak Michael ke gereja sejak kecil. Namun dua tahun terakhir ini, perilaku Michael agak mengganggu umat lainnya. Michael sering berteriak-teriak dan berlari-lari di dalam gereja. Kadang kami dapat menguasainya, namun sering kali tidak mampu. Jika sudah demikian, kemudian saya ajak dia main di depan gereja. Pertanyaan saya: benarkah langkah saya membawa anak autis ke misa mingguan di gereja? Apakah kegiatan rohani seperti misa ini dapat juga menyembuhkan seorang anak autis? Mohon saran Ibu Elizabeth. Berkah Dalem.

           

SALAM DAMAI majalah umat Keuskupan Agung Semarang….
Telah Terbit!
SALAM DAMAI Edisi OKTOBER 2018

Dapatkan majalah umat Keuskupan Agung Semarang di:
Kevikepan Yogyakata (Dody - 081215498457);
Surakarta (Magdhalena Lilis - 085725391700);
Kedu (Eko - 081325471453);
Semarang (Lily - 081390887950).
Dan Agen-agen Salam Damai lainnya….
Juga di Toko Devosional Keuskupan, Toko Buku ‘Shekinah’ Semarang, Showroom Penerbit Kanisius Yogyakarta, dan toko rohani & sekretariat paroki.

Atau Redaksi Salam Damai (08164251862, 024-3521936)

No comments