Header Ads


Breaking News

Sinopsis Majalah SALAM DAMAI Edisi 105 Vol 10 (JULI 2018)


Tema: Dukung Sekolah Katolik

Menyuguhkan beragam rubrik informatif dan menarik, antara lain:

Fokus  
Ayo Dukung Sekolah Katolik

Sekolah-sekolah Katolik di lingkungan Keuskupan Agung Semarang mengalami tantangan serius. Sebagian terseok-seok  hidupnya, karena berbagai hal: guru-guru makin menurun kualitasnya –atau setidaknya stagnan-, gedung sekolah dan fasilitas lain makin keropos termakan usia, tak mampu bersaing dengan sekolah negeri dan swasta lain, jumlah murid makin berkurang, dan lainnya. Konsekuensinya, sejumlah sekolah Katolik harus ditutup. Di luar kondisi muram itu, muncul kreativitas yang menumbuhkan secercah harapan.
Pendidikan Katolik, melalui sekolah-sekolah Katolik, memiliki posisi yang khas dalam perkembangan Gereja di Indonesia. Melalui sekolah-sekolah, disemai nilai-nilai kasih, kedisiplinan, kejujuran, komitmen, serta pemihakan kepada yang terpinggirkan.



Liputan Khusus
Wawancara dengan Vikjen Baru KAS

Tepat satu tahun menggembalakan umat Keuskupan Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko menggelorakan penggembalaannya dengan membarui personil Kuria, termasuk Vikaris Jenderal KAS. Dan Rama Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr terpilih untuk memangku jabatan Vikjen per 1 Juni 2018. Seminggu usai pelantikan, di Rumah Uskup, Salam Damai berkesempatan berbincang seputar pengangkatan beliau.
Ucapan Rama Edy: “Kalau saya bercerita tentang Bapa Uskup mendekati saya untuk pada akhirnya memastikan kehendak beliau untuk meminta saya menjadi vikjen di KAS, ini menarik. Mengapa? Karena pada bulan Oktober 2017, Bapa Uskup mendekati saya dan hanya berbicara: ‘Kula njing dibantu nggih’ (Saya besok dibantu ya). Hanya itu saja yang diucapkan Bapa Uskup.  Jadi tidak pernah ada kata-kata, bahwa beliau ingin menjadikan saya vikep atau vikjen.”



Konsultasi Keluarga
Ternyata Temanku Penyuka Sesama Jenis

Rama Pengasuh Konsultasi Keluarga terkasih, satu tahun yang lalu saya diminta menjadi saksi perkawinan teman di luar Jawa. Setelah menikah, teman saya terkena virus HIV. Dari medsos-nya diketahui, dia penyuka sesama jenis. Dua bulan yang lalu dia mengakui hal ini dihadapkan isterinya dan di hadapan saya bahwa ia penyuka sesama jenis. Isteri minta cerai karena merasa ditipu dan menuduh suaminya tidak jujur saat kanonik dengan rama. Bagaimana saya harus bersikap sebagai seorang saksi perkawinan? Terima kasih Rama.





Konsultasi Iman
Apakah Setiap Keuskupan Ada Prodiakon?

Beberapa bulan lalu saya ke Atambua. Ketika misa hari Minggu, umat yang datang banyak sekali. Dan saat penerimaan komuni, rama membagi komuni sendirian, sehingga terjadi antrean panjang dan lama. Lalu saya bertanya ke teman di situ: apakah di sini tidak ada prodiakon atau assisten imam. Dia menjawab tidak ada. Pertanyaan saya, apakah setiap keuskupan tidak memiliki prodiakon yang membantu rama untuk membagi komuni? Mengapa demikian? Mohon penjelasan Rama. Terima kasih.


Remaja
Go Green Camp Kerabat Muda MSF Regio Jawa

Bertempat di halaman Gereja Stasi Santa Teresia Tayu Pati, kerabat muda Congregatio Missionariorum a Sacra Familia (MSF) / Misionaris Keluarga Kudus se-regio Jawa melaksanakan ‘Go Green Camp’, Jumat-Minggu (8-10/6). Sejumlah 250 kerabat muda MSF selain berkemah dan kegiatan sosial, juga mengadakan penanaman bibit mangrove.
Kerabat muda yang bergabung dalam orang muda katolik (OMK)  juga mengadakan kegiatan dialog lintas iman dengan mengundang para santri, sebagai kampanye gerakan toleransi kehidupan beragama bersama Kyai Happy.






Pernik
Sertijab Personalia Kuria KAS
Demi penyegaran kinerja pelayanan di Keuskupan Agung Semarang, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko mengangkat dan melantik perangkat Kuria baru: Vikaris Jenderal (Vikjen) Rama Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr, Vikaris Episkopal (Vikep) Semarang: Rama Antonius Budi Wihandono Pr, Vikep Surakarta: Rama Robertus Budiharyana Pr, Vikep Kedu: Rama Alexius Dwi Aryanto Pr, Vikep Yogyakarta: Rama Adrianus Maradiyo Pr, Vikep Kategorial: Rama Yohanes Dwi Harsanto Pr, dan Pastor Kepala Paroki Katedral: Rama Herman Yoseph Singgih Sutoro Pr.

           


SALAM DAMAI majalah umat Keuskupan Agung Semarang….

Dapatkan majalah umat Keuskupan Agung Semarang di:
Kevikepan Yogyakata (Dody - 081215498457);
Surakarta (Magdhalena Lilis - 085725391700);
Kedu (Eko - 081325471453);
Semarang (Lily - 081390887950).
Dan Agen-agen Salam Damai lainnya….
Juga di Toko Devosional Keuskupan, Toko Buku ‘Shekinah’ Semarang, Showroom Penerbit Kanisius Yogyakarta, dan toko rohani & sekretariat paroki. 


Atau langsung ke redaksi SALAM DAMAI, Jl Imam Bonjol 172 Semarang, Telp (024) 3521936, atau 08164251862.






No comments