Header Ads

Breaking News

Siswa SD PL Kalirejo Dilatih Teater Seminaris


Para Seminaris anggota kelompok minat (pokmin) teater Dji Nol Loe dari Seminari Menengah St Petrus Canisius Mertoyudan melakukan pelatihan teater untuk anak-anak SD PL Kalirejo, Samigaluh, Boro (18-19/3). Kegiatan ini dilakukan untuk menyalurkan ilmu teater yang telah mereka dapatkan, dan terlebih untuk mendapatkan pengalaman baru berdinamika dengan anak-anak di sana.
Menurut Ibu Tari, kepala sekolah SD PL Kalirejo, sekolah tersebut pernah hampir ditutup karena kekurangan murid dan sekarang mulai kembali ditata lagi. Para murid diajarkan cara dan praktik berkebun dan berternak. Selain itu pendidik juga menanamkan nilai-nilai luhur kearifan lokal setempat. Alasan inilah yang menjadi latar belakang para seminaris melakukan pelatihan teater di SD ini.
            Selain memberikan pelatihan teknik-teknik dasar teater, para seminaris juga mengajak anak-anak SD PL Kalirejo untuk bereksplorasi. Eksplorasi ini dimaksudkan untuk mencari data dan fakta mengenai realita kehidupan anak-anak di daerah setempat yang nantinya akan diwujudkan dalam pementasan mini teater.

Dengan waktu latihan kurang lebih satu jam, mereka dapat mementaskan tampilan dengan baik dan unik. Aneka ekspresi pun muncul sehingga mengundang gelak tawa diantara mereka. Hal ini menjadi modal berharga bagi mereka untuk terus mengembangkan bakat bermain seni peran. Harapannya kegiatan ini tak hanya berhenti disini saja, namun dapat ditindaklanjuti lagi sehingga anak-anak SD PL Kalirejo dapat terus mengasah kelihaiannya bermain seni peran ini. # Nicolas Eka Novian Wicaksono

No comments