Header Ads

Breaking News

Anak Sulit Makan



Elizabeth Wahyu Margareth Indira, M.Pd.,Psi.
Psikolog dan Praktisi Pendidikan Anak
Psikolog Pelangi Kasih-Yayasan Pangudi Luhur


Pertanyaan:
Ibu Elizabeth terhormat, saya memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan, masing-masing kelas 4 dan 2 SD. Keduanya sulit makan, terlebih anak pertama. Kemungkinan anak kedua yang perempuan sulit makan karena terpengaruh oleh kakaknya. Meski saya sudah masak, lalu menawarkan mereka makan, kakak-beradik itu tak langsung bergerak mengambil piring. Akhirnya, supaya mereka makan, saya selalu menanyakan makanan apa yang mereka mau. Mereka minta dibelikan makanan ini-itu. Kejadian seperti ini selalu terulang. Banyak uang yang kami keluarkan supaya anak mau makan. Apakah tindakan kami keliru selalu mengikuti kemauan anak agar mereka mau makan? Bagaimana caranya agar anak gampang makan makanan di rumah? Mohon nasehat Ibu. Terima kasih. Berkah Dalem.

Cynthia – Semarang

foto: ilustrasi
 
Jawaban:
Ibu Cynthia terkasih, saya dapat merasakan kebingungan yang Ibu alami akibat anak yang sulit makan. Sebagai ibu, Anda sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, mulai dari menanyakan makanan apa yang ingin dikonsumsi anak, hingga menuruti keinginan anak yang lebih senang jajan daripada makan makanan di rumah. Tentu saja bila Anda sering menuruti semua keinginan anak untuk membelikan berbagai makanan yang diinginkan anak akan membentuk perilaku makan yang kurang sehat. Pada akhirnya keuangan keluarga pun ikut menjadi kurang sehat karena pengeluaran yang membengkak akibat sering jajan.

Ibu Cyntia perlu mencari penyebab anak sulit makan. Kalau bukan karena faktor medis kemungkinan berasal dari faktor psikologis. Apakah anak mengalami kecemasan? Anda juga perlu intropeksi relasi antara anak dan orangtua. Coba Anda ingat kembali biasanya bagaimana suasana makan di rumah. Apakah Anda sering tidak sabar dan marah bila anak tidak mau makan? Sudah sesuaikah porsi makan anak?

Saran saya yang pertama adalah setelah Anda menemukan penyebab dari anak sulit makan maka Anda dapat membuat suasana makan menjadi saat-saat yang menyenangkan buat anak. Makan bersama anggota keluarga merupakan sarana yang baik untuk mempererat relasi antar anggota keluarga. Suasana makan bersama yang menyenangkan tentu menjadikan salah satu kegiatan yang akan ditunggu-tunggu oleh anak.

Kedua, cobalah sesekali melibatkan anak dalam proses memasak. Mulai dari memilih menu, membeli bahan, mengolah bahan makanan hingga menyajikannya di meja makan. Kegiatan memasak yang menyenangkan tentu juga dapat berdampak positif bagi anak. Anda juga bisa sambil mengedukasi anak tentang pentingnya makan yang bergizi, usaha anda untuk menghidangkan makanan sehat bagi anggota keluarga. Hal ini menjadikan makan tidak hanya sekedar makan tapi ada pemenuhan kebutuhan gizi dan energi, edukasi dan entertainmen bagi anak.
Ketiga, Anda perlu mengajarkan perilaku makan yang baik pada anak-anak Anda. Sediakan makanan yang bervariasi, tidak hanya variasi jenis makanannya namun juga bisa divariasi cara penyajiannya. Tidak ada salahnya Anda dapat belajar dari tutorial memasak dan resep yang kini sangat mudah ditemukan. Semoga Ibu Cyntia dapat mencoba berbagai saran yang telah saya berikan. Berkah Dalem. #

No comments