Header Ads

Breaking News

Sinopsis Majalah SALAM DAMAI Edisi 100 Vol 10 (FEBRUARI 2018)


Tema: Misa Imlek, Perayaan Inkulturasi


Menyuguhkan beragam rubrik informatif dan menarik, antara lain:

Fokus:

Bahagia Menyambut Perayaan Imlek
    Perayaan Imlek di berbagai Gereja Katolik mencerminkan toleransi dengan keanekaragaman budaya yang menjadi kekayaan dalam Umat Allah yang disatukan oleh Iman akan Yesus Kristus. Suka cita yang dirayakan oleh umat keturunan Tionghoa atau China juga dirayakan penuh kegembiraan bersama dengan umat yang berbeda suku dan budaya.
    Misa Imlek merupakan sebuah ungkapan kerinduan umat yang merayakan Imlek untuk merayakan iman dalam keharmonisan dengan budaya. Iman selalu membutuhkan budaya, baik dalam penghayatan maupun dalam pewartaan. Iman tak pernah melayang di udara tanpa bungkus budaya (Gaudium et Spes - GS 53). Iman kristiani tidak terikat pada satu budaya tertentu, tetapi bisa diungkapkan dalam semua budaya. Dalam arti itulah, iman kristiani bersifat katolik (Yunani: catholicos berarti umum).

Surat Gembala

SG Prapaskah 2018
   Kita akan memasuki masa empatpuluh hari sebelum Paskah (quadragesima) yang kita namakan Masa Puasa dan Pantang dalam Masa Prapaskah. Masa Prapaskah ini akan kita mulai pada Hari Rabu Abu, 14 Februari 2018 mendatang. Selama empat puluh hari, seluruh umat Katolik mendapat kesempatan istimewa untuk secara terus menerus melakukan gladi rohani atau retret agung, guna mengenangkan kembali atau menyiapkan Baptis dan membina pertobatan serta melakukan amal kasih (bdk. Konstitusi Liturgi 109).

Pastoralia

APP 2018: Mengasih dengan Kata dan Perbuatan
   Tema Aksi Puasa Pembangun tahun 2018 ini adalah ‘Mengasihi Dengan Kata dan Perbuatan’. Dengan tema ini, sebagai umat Katolik, kita diingatkan dan diajak untuk mensyukuri panggilan dan perutusan kita untuk menghadirkan karya kasih Allah di mana pun kita berada. Mewujudkan peradaban kasih juga menjadi cita-cita bersama kita sebagai umat Allah Keuskupan Agung Semarang sebagaimana digaungkan di dalam Arah Dasar dan Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang. Panggilan dan perutusan untuk mewujudkan peradaban kasih mesti dinyatakan dalam perbuatan, bukan sekedar rangkaian kata-kata yang saleh dan bijak.

Inspirasi Iman

Sr Louis Menyangkal Panggilan-Nya Tiga Kali
Ibarat Rasul Petrus yang pernah menyangkal Yesus sampai tiga kali, Sr. Marie Louis, AK (37) pun juga pernah “mematikan” panggilan Tuhan sampai tiga kali. Namun berkat penyelenggaraan Illahi, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Dieter Yohanes Sumardi dan Barbara Maria Sutrimah mantap mengikuti jalan hidup dan memilih Ordo Abdi Kristus (AK) sebagai jawaban panggilan Tuhan dalam hidup membiara.

Liputan Khusus

Peresmian Taman Doa Maria Pelindung Keluarga
   Umat Paroki Santa Theresia Lisieux Boro, akhirnya memiliki taman doa. Taman doa dengan nama Bunda Maria Pelindung Keluarga ini secara simbolis diresmikan oleh Mgr Robertus Rubiyatmoko bersama Bupata Kulon Progo Drs H Hasto Wardoyo, usai perayaan Ekaristi, Minggu (7/1).
            Menurut ketua panitia pembangunan Rama Jonathan Billie Cahyo Adi Pr, Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga (TDBMPK) ini memang menjadi sebuah bagian keterikatan langsung dengan pribadi Rama Prennthaler sebagai seorang misionaris yang hadir di perbukitan Menoreh.

Tahbisan Diakon: Pelayan Liturgis, Sabda, dan Amal Kasih

Temu Pastoral KAS 2018: Kevikepan sebagai Pusat Pastoral


Cerita Anak

Aku Tak Ingin Sombong Lagi
    Rara dan Meme Merak tidak mau bermain dengan teman-teman mereka, karena menganggap permainan tradisional itu kuno. Rara dan Meme asyik bermain game hape. Kata Rara, “ Yaaaa… permainan kalian itu sudah kuno, lebih baik bermain game, lebih seru tau…”  Kata Meme juga, “Iya benar, permainan kalian penuh debu dan kotor.”
    Beberapa hari kemudian, teman-teman mendengar bahwa Rara dirawat di rumah sakit karena jatuh dari sepeda. Rara sekarang juga tidak bisa bermain game lagi karena tangannya patah dan harus dibalut gip. Didi Sapi, Keke kelinci dan teman-teman pun menjenguk Rara di rumah sakit. Ketika dijenguk, Rara, Meme dan kedua orangtua mereka terharu. Mereka pun mohon maaf kepada teman-teman.



SALAM DAMAI majalah umat Keuskupan Agung Semarang….

Dapatkan majalah umat Keuskupan Agung Semarang di:
Kevikepan Yogyakata (Dody - 081215498457); 
Surakarta (Magdhalena Lilis - 085725391700); 
Kedu (Eko - 081325471453); 
Semarang (Lily - 081390887950).
Dan Agen-agen Salam Damai lainnya….
Juga di Toko Devosional Keuskupan, Toko Buku ‘Shekinah’ Semarang, Showroom Penerbit Kanisius Yogyakarta, dan toko rohani & sekretariat paroki. 

No comments