Header Ads

Breaking News

Usia Berapakah Anak Boleh Masuk Playgroup?



Elizabeth Wahyu Margareth Indira, M.Pd.,Psi.
Psikolog dan Praktisi Pendidikan Anak
Psikolog Pelangi Kasih-Yayasan Pangudi Luhur


Pertanyaan:
Sebagai ibu muda dengan satu anak berusia 2,5 tahun saya merasa sudah saatnya anak saya masuk playgroup. Suami pun setuju dengan keinginan saya karena kami berdua bekerja hingga kadang pulang larut malam. Saya pikir daripada di rumah anak saya dengan pembantu saja, akan lebih baik bila ia mulai bersekolah. Namun saat ibu mertua saya datang ke rumah kami, beliau mengatakan kalau sebaiknya anak saya bersekolah saat nanti usianya sudah 4 atau 5 tahun. Alasannya supaya anak tidak bosan sekolah dan bebas bermain di rumah. Pertanyaan saya sebaiknya umur berapa anak masuk sekolah dan apa saja yang harus disiapkan sebelum anak masuk sekolah?                       

Valencia Putri   Salatiga
Jawaban:
Bu Putri yang terkasih, sebagai orangtua yang baru memiliki satu anak tentu banyak hal yang kadang membuat anda ragu untuk memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan buah hati. Tentu sebagai orangtua anda berkeinginan memberikan yang terbaik. Berbagai pengalaman, informasi dan masukan dari berbagai pihak tentu juga dapat dijadikan pertimbangan, termasuk pendapat dari mertua.
Memang tidak ada kepastian bahwa semakin dini anak masuk sekolah akan menjamin ia akan lebih matang perkembangannya. Dan tidak menjamin pula bila anak masuk sekolah tanpa melewati jenjang playgroup akan lebih menikmati masa sekolah dengan bahagia.
Di kota-kota besar saat ini sudah mulai marak pula memasukkan sekolah anak sejak usia 6 bulan. Apakah ini sudah tepat? Masing-masing anak memiliki kesiapan yang berbeda-beda. Kembali lagi sebagai orangtua kita melihat apakah tujuan kita memasukkan anak kita ke sekolah. Bila orangtua merasa memiliki banyak waktu untuk memberikan stimulasi dan mampu menerapkan pengasuhan yang tepat maka anda tidak perlu menyekolahkan anak sejak dini. Batita dapat bermain di rumah dengan pendampingan dari ibu dan bermain bersama anak tetangga. Namun bila ibu sibuk bekerja dan di rumah batita kurang mendapat stimulasi dari pengasuh, maka memasukkan anak ke playgroup dapat menjadi pilihan.
Jadi, tidak ada aturan pasti sebaiknya umur berapa anak masuk sekolah. Harus dilihat kesiapan anak dan pilihlah sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak anda.
Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Bu Putri persiapkan sebelum anak masuk sekolah: pertama, pilihlah sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Bukan hanya jarak namun juga waktu tempuh yang diperlukan. Sebaiknya untuk anak prasekolah tidak lebih dari 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk ke sekolah. Kedua, ajak anak saat memilih sekolah. Beri kesempatan anak ikut menentukan sekolah yang akan dipilih. Saat ini banyak sekolah yang membuka kelas trial.
Ketiga, Anda perlu mempersiapkan kemandirian anak, misalnya sudah tidak memakai diapers lagi, sudah mampu mengatakan keinginannya bila akan BAK/BAB, paham dan mulai dapat mengerjakan tugas sederhana. Keempat, jangan paksa anak meski pada awalnya dia sangat berminat untuk sekolah namun masih dalam batas wajar bila di usia 2-3 tahun kadang muncul rasa bosan. Jadi bila rasa bosan muncul coba ingatkan anak tentang berbagai hal yang mengasyikkan saat di sekolah.
Semoga berbagai pertimbangan di atas dapat membantu Bu Putri dan suami untuk menentukan usia berapa sebaiknya sang buah hati mulai bersekolah. Meskipun demikian di tengah kesibukan Anda bekerja, tetaplah memberikan stimulasi yang sesuai untuk perkembangan anak. Berkah Dalem. #

No comments