Header Ads


Breaking News

Upacara Kemerdekaan Ala Republik Anak Kenalan



Belajar merdeka dari air yang memberikan kehidupan bagi semua makhluk di muka bumi menjadi percikan refleksi bagi anak-anak Republik Anak Kenalan (RAK) Borobudur Magelang dalam upacara pengibaran bendera peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, di dusun Durensawit Banjaroya, Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta, Kamis (17/8). Hal ini disampaikan oleh Martina Wening Ratri (11) siswa kelas VI SD Kanisius Kenalan dalam pidatonya selaku inspektur upacara.

Anak-anak petani di SD Kanisius Kenalan ini berpakaian ala pejuang. Seorang guru pendamping berdandan Pangeran Diponegoro. Agar lebih semarak, beberapa anak membawa alat musik barang bekas untuk dibunyikan dalam perjalanan menuju lokasi belik Winong. Sepanjang 2 km anak-anak menyusurinya dalam waktu 30 menit.

Di lokasi, mereka menyiapkan perlengkapan upacara. Sebatang bambu kering di pinggir sungai diambil dan ditancapkan di depan belik sebagai tiang bendera. Sebagian anak membersihkan belik yang tampak berlumut.

Anak-anak berdiri rapi siap mengikuti upacara kemerdekaan. Para petugas siap dengan perannya. Lagu Indonesia raya dinyanyikan secara komplit tiga stanz. Beberapa lagu khas RAK seperti Semangat Juang, Anak-Anak Kenalan juga dinyanyikan untuk memeriahkan upacara sederhana di alam terbuka.

Bertepatan HUT ke-72 kemerdekaan RI, RAK juga berulang tahun ke-10. Momen ini dimanfaatkan untuk memberikan perhatian pada alam Indonesia, khususnya tanah dan air. Apalagi, bangsa Indonesia mempunyai tekad untuk berjanji menjaga Indonesia abadi. # Onesimus Maryono

No comments