Header Ads


Breaking News

Pesta Emas Stasi Maria Assumpta Glodogan Semua Karena Penyertaan Bunda Maria



“Ya Bunda, jika menjadi seorang imam memang bukan panggilan saya, tolong ketemukan dengan jodoh saya dan tunjukkan dimana saya harus bekerja”. Demikian kenang Rama Antonius Edi Sulistiono Sugito, MSF saat memberikan kesaksian dalam Misa Puncak perayaan Pesta Emas Stasi St Maria Assumpta Glodogan, Paroki St Stanislasus Girisonta, Minggu (13/8). 

“Sungguh penyertaan Bunda Maria begitu besar dalam perjalanan hidup panggilan saya sebagai imam. Sebab, dalam keputusasaan saya setelah berkali-kali gagal mendaftar untuk menjadi rama, saya pasrah kepada Bunda Maria dengan berdoa di Gua Maria Kereb Ambarawa. Dan setelah berdoa itu, saya kembali mendaftar untuk terakhir kali dan puji Tuhan saya diterima sebagai postulan MSF-Salatiga,” ujar rama asli Paroki Girisonta yang saat ini bertugas di Kalimantan Timur. Rama Edi memimpin misa bersama Mgr  Yulianus Sunarka SJ (Uskup Emiritus), Rama Matius Jumari Joko Lelono Pr, dan Rama Bruno Herman Tjahja SJ.

Dalam kotbah, Mgr Sunarka bernostalgia dengan umat Stasi Glodogan. “Dulu ketika gereja ini mau dibangun (1967), saya masih Frater di Girisonta. Saya dan frater-frater yang lain bertugas ngusung batu dari lereng Bukit Kendalisodo. Dulu umat Glodogan hanya sekitar 30-40 jiwa, namun sekarang jumlahnya lebih dari 1.500-an jiwa. Semua ini terjadi karena penyertaan Bunda Maria,” kata Mgr Sunarka penuh semangat.


Mgr Sunarka lantas mengajak umat Glodogan untuk meneladan semangat Bunda Maria. “Untuk meneladan Bunda Maria, seseorang harus punya watak andhap asor (rendah hati), Wani ngalah (berani mengalah), dan luhur wekasane (berbudi luhur). Jika saat ini Stasi Glodogan sudah punya Tempat doa dan Semedi, maka mari kita gunakan untuk menimba spiritualitas Bunda Maria agar kita ditunjukkan jalan terang yaitu Yesus sendiri” imbuhnya.
Perayaan Ekaristi ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan sejak bulan Juni 2017. Kegiatan lain antara lain, kirab seni dan budaya, dialog lintas agama dengan narasumber Kyai Sentet, Rama Aloysius Budi Purnomo dan tari Sufi, Nonton bareng OMK bersama biarawan-biarawati asal Stasi Glodogan. Setelah misa, umat menyelenggarakan pesta kebun dengan hiburan seni Barongsai dari Genta Suci Ambarawa. # JokoPit   

No comments