Header Ads

Breaking News

MENGENAL ANAK INDIGO



Elizabeth Wahyu Margareth Indira, M.Pd.,Psi.
Psikolog dan Praktisi Pendidikan Anak
Psikolog Pelangi Kasih-Yayasan Pangudi Luhur

Pertanyaan:
Beberapa waktu lalu saya membaca buku tentang anak indigo. Saya tertarik karena beberapa ciri anak indigo sepertinya muncul pada anak saya. Ia sering tidak mau masuk ke kelasnya karena menurutnya ia melihat makhluk lain yang mengganggunya. Saat ini ia sudah kelas TKB dan memiliki kecerdasan yang istimewa. Namun yang kadang membuat kami khawatir ia sering berbicara dan menjadi kenyataan. Meskipun ia sering berbicara seperti orang yang lebih dewasa namun ia sering membangkang pada kami dan sering menentang bila ia tidak setuju pada suatu hal. Menurut Ibu Indira apakah anak saya memang indigo? Bila benar apa yang sebaiknya kami lakukan? Terima kasih untuk penjelasan dan saran dari Ibu Indira. Berkah Dalem.

Martha Amaya    Semarang


Jawaban:
Bu Amaya terkasih, saya akan berhati-hati untuk memastikan apakah anak Anda benar indigo atau hanya memiliki kepekaan pada sesuatu yang bersifat supranatural. Sering saya berjumpa dengan orangtua yang merasa bangga menyatakan bahwa anaknya indigo hanya dengan mengatakan anaknya mampu melihat hal gaib. Padahal bisa jadi ia hanya memiliki satu ciri saja yang kadang memang ada anak usia dini yang sensitif dan mampu melihat hal gaib. Biasanya kemampuan tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Untuk kategori ini anak itu jelas bukan anak indigo.  Jadi saya sangat berhati-hati dalam hal ini.

Menarik memang membahas tentang indigo yang saat ini pun masih banyak diteliti para ahli. Anak indigo sering dikaitkan dengan kemampuan indera keenam dan memiliki kemampuan di luar batas manusia normal lainnya. Anak indigo lebih sensitif pada sesuatu yang terjadi dan ada kecenderungan lebih dewasa dari usia sebenarnya.

Beberapa ciri yang menonjol pada anak indigo antara lain, ia memiliki rasa ingin tahu yang besar, teguh pada pendirian, memiliki spiritualitas yang kuat sejak kecil, empatik dan intuitif, memiliki IQ yang tinggi dan sering menolak aturan yang ada. Kemampuan yang lebih pada anak indigo bukan berasal dari hal mistis namun daya otak yang mampu bekerja lebih dibandingkan manusia pada umumnya.

Ibu Amaya kiranya perlu melakukan pendekatan pada anak Anda. Bila ia ketakutkan saat akan masuk ke kelasnya, Ibu perlu memberi ketenangan dan rasa nyaman pada anak. Ajak anak untuk berdoa dan bila pelu minta bantuan Rama atau rohaniwan yang memang memiliki kemampuan untuk dapat ‘menutup’ penglihatan anak terhadap hal supranatural yang mengganggu. Sampaikan pula pada gurunya tentang kondisi anak, sehingga guru pun dapat membantu menenangkan anak di kelas.

Beberapa saran yang dapat dilakukan oleh orangtua yang memiliki anak indigo adalah, pertama bila anak memiliki kemampuan melihat atau mendengar atau meramalkan sesuatu maka cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak sehingga anak mampu menyampaikan perasaan maupun pendapatnya. Beri penjelasan yang benar pada anak, sampaikan hal yang positif dan arahkan untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan.   

Kedua, jawablah rasa ingin tahu anak dengan jujur. Ajak anak berdiskusi bila ia mendapat pengetahuan yang baru. Ketiga, bila ia menunjukkan perilaku membangkang dan menentang maka orangtua perlu memberi bimbingan dan arahan yang lebih mendidik. Tanamkan sikap disiplin, tanggung jawab dan aturan yang jelas. Anda perlu lebih sabar dalam mendidik anak indigo mengingat kemampuan berpikirnya yang melebihi anak seusianya. Keempat, berilah keteladanan yang baik bagi anak. Tunjukkan kasih sayang serta penerimaan yang tulus pada anak. Berkah Dalem. #

No comments