Header Ads

Breaking News

Kristiani dan Nasrani, Samakah?



Rama Luhur terkasih, dalam obrolan di angkringan, ada seorang teman Muslim bertanya: “Samakah sebutan Kristiani dan Nasrani?” Teman yang lain mengatakan, bahwa sebutan Kristiani itu untuk sebutan orang Katolik, dan Nasrani untuk sebut orang Kristen. Saya sendiri juga tidak tahu. Yang saya tanyakan, benarkah sebutan tersebut? Dari manakah asal usul sebutan itu? Sejak kapan sebutan tersebut muncul? Mohon penjelasan Rama Luhur.  Berkah Dalem.

Yosef
Semarang




Sdr Yosef dan para pembaca Salam Damai yang terkasih, Berkah Dalem.
Agama Kristen atau Kristianitas adalah sebuah agama berasaskan riwayat hidup dan ajaran Yesus Kristus, yang merupakan inti sari agama ini. Dengan sebutan Kristen – sebagai suatu sekte agama – mau menunjukkan bahwa misteri Kristus menjadi penanda. Dan orang-orang yang mengikuti Kristus menamakan diri atau disebut orang-orang Kristiani.
Yesus Kristus yang sama itu adalah seorang yang berasal dari Nazaret. Ia disebut orang Nazaret. Bahkan di kayu Salib tempat Ia tergantung ada tulisan INRI atau Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum (Yesus orang Nazaret, Raja orang Yahudi). Dari kata Nazaret itulah kemudian muncul istilah Nasrani.  Nasrani mengarah kepada pengikut Yesus orang Nazaret.
Orang-orang yang menamakan diri Nasrani maupun Kristiani, sama-sama mengimani bahwa Yesus Kristus, orang Nazaret adalah Tuhan dan Juru Selamat, dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus pendiri jemaat (Gereja) dengan kepemimpinan Gereja yang abadi (Injil Matius 16:18-19).
Dalam perkembangannya ada komunitas Katolik dan ada komunitas Kristen. Keduanya bisa disebut Kristiani maupun Nasrani yang pada masa abad-abad awal Gereja orang-orang yang percaya akan Kristus disebut Kristen: Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11:26b).  
Semoga penjelasan ini meneguhkan dan menumbuhkan iman kita akan Yesus Kristus. Berkah Dalem. # 

No comments