Header Ads


Breaking News

Sinopsis Majalah SALAM DAMAI Edisi 93 Vol 09 (JULI 2017)



Tema: Asian Youth Day, Pastoral Keberagaman


Menyuguhkan beragam rubrik informatif dan menarik, antara lain:

Fokus  
AYD VII: Merayakan Rahmat Kebersamaan

Indonesia, khususnya Keuskupan Agung Semarang, akan menjadi tuan rumah Asian Youth Day ke-7, yang menurut rencana akan berlangsng pada 30 Juli – 6 Agustus 2017.  Belajar dari masyarakat yang hidup harmoni dalam keberagaman, itu yang menjadi alasan mengapa ‘pesta’  orang muda Katolik itu diselenggarakan di negeri ini.

Asian Youth Day (AYD) adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahun dan dihadiri kurang lebih 3.000 orang muda Katolik (OMK) perwakilan dari berbagai negara di Asia. Dalam acara inilah berbagai kegiatan yang menumbuhkan semangat pewartaan dibuat.

Ketua Komisi Kepemudaan KWI yang juga Uskup Ketapang, Mgr Pius Riana Prapdi, menceritakan bagaimana Indonesia terpilih sebagai tuan rumah AYD ke-7.

Penyelenggara AYD, menurutnya, diputuskan oleh FABC khususnya bagian Youth Desk FABC yang mengurusi bagian kepemudaan. Kepastian Indonesia sebagai tuan rumah diumumkan dalam misa penutupan AYD  ke-6 di Korea, 17 Agustus 2014, oleh President of the Federation of Asian Bishops’ Conferences (FABC), Mgr Oswald Gracias.

Pernik
Safari Silaturahmi Idul Fitri Mgr  Rubi

Idul Fitri, Hari Kemenangan bagi umat Muslim, menjadi hari istimewa bagi Bapa Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko beserta Rama Kuria. Hari itu, Minggu 25 Juni 2017, selain HUT ke-77 Keuskupan Agung Semarang, juga menjadi saat bagi Bapa Uskup untuk merajut silaturahmi bersama Saudari-saudara Muslim.

Pukul 06.30 di hari pertama Idul Fitri 1438 Hijriyah, Mgr Robertus mengadakan safari silaturahmi Idul Fitri bersama dengan Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK KAS) Rama Aloys Budi Purnomo Pr.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menjadi tujuan silaturahmi pertama. Di ruang VIP MAJT, Bapa Uskup disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Ketua Umum Pengelola MAJT Dr H Noor Achmad MA, dan sejumlah pengurus MAJT lainnya.

Liputan Khusus
Sertijab Nahkoda Salam Damai

Setelah hampir 5 tahun menjadi pemimpin umum majalah Salam Damai, kini Rama Yohanes Gunawan Pr menerima tugas perutusan baru di Roma, Vatikan. Tongkat estafet kepemimpinan pun diserahkan kepada Rama Marcellinus Tanto Pr. Serah terima jabatan (sertijab) diadakan di kantor redaksi Salam Damai di lantai II Kantor Pelayanan Pastoral Keuskupan Agung Semarang (KPP KAS), Senin (12/6), yang dihadiri oleh seluruh crew.

Konsultasi Keluarga
Putriku Membenci Kakak Tirinya

Rama Yeremias terkasih, 17 tahun lalu saya menikah dengan seorang duda. Saat itu dia memiliki seorang putri berumur satu tahun enam bulan. Setelah menikah, kami dianugerahi seorang putri. Kami hidup bahagia. Saya menganggap putri tiri saya sebagai anak sendiri dan tidak membedakan kedua putri kami. Enam bulan terakhir ini semuanya berubah. Rupanya putri kami telah mengetahui bahwa kakaknya adalah saudara tirinya. Ia pun kini kerap bersikap kasar terhadap kakaknya.  Puncaknya adalah perselisihan diantara keduanya. Putri kandung kami mengusir kakaknya. Dan bahkan kami disuruh memilih dirinya atau kakaknya. Ketidaknyamanan itu membuat putri pertama kami pergi dari rumah dan sekarang tinggal di rumah kos. Saya dan suami merasa sedih dan bingung mengatasi masalah ini.

Kabar Vatikan
Mgr Rubiyatmoko Terima Pallium Dari Paus Fransiskus

Kamis, 29 Juni 2017, menjadi hari istimewa bagi Mgr Robertus Rubiyatmoko. Pada Hari Raya St Petrus dan St Paulus ini, Bapa Suci Paus Fransiskus berkenan menerimakan Pallium kepada Uskup Agung Semarang ini beserta 35 Uskup Agung Metropolitan yang setahun terakhir ini diangkat Tahta Suci. Penyerahan Pallium dilakukan usia Misa Agung di Basilika St Petrus, Vatikan.

Ziarah

Gua Maria Taro Anggro
TARO ANGGRO! Tak banyak dari umat Keuskupan Agung Semarang yang baru mendengarnya. Mengeja namanya pun agak ‘aneh’. Itulah nama Gua Maria yang berlokasi di lereng gunung Sindoro dan menghadap gunung Sumbing. Diantara deretan nama Gua Maria, gua ini tergolong anyar, karena baru dibangun tahun 2011.

Nama Taro Anggro pun membuat telinga tergelitik. Sebutan itu bukanlah nama khas Wonosobo, tempat gua itu berada. Rupanya, Taro Anggro merupakan akronim dari Taman Rohani Anggrung Gondok. Anggrung Gondok sendiri adalah dusun di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo.

Pernik
Tahbisan Mgr Robertus Dalam Potret

Gegap gempita umat bersorak, ketika Mgr Robertus Rubiyatmoko berkeliling memberkati umat di lapangan Bhayangkara-Akpol, Semarang, usai upacara penahbisan uskup. Jeep yang membawa Bapa Uskup pun bergerak perlahan, menyusuri blok tempat umat duduk. Sukacita umat, tentulah menyiratkan kegembiraan mereka karena telah dianugerahi seorang gembala dalam diri Mgr Robertus.

Ada tiga rangkaian acara yang membingkai upacara penahbisan uskup ini: Ibadat Salve Agung, Misa Tahbisan Uskup, dan Stasional Perdana. Ibadat Salve Agung yang diadakan hari Kamis (18/5) di Gereja Katedral seolah menjadi pembuka. Inti ibadat ini adalah pengucapan janji setia Bapa Uskup kepada Bunda Gereja dan pemberkatan perlengkapan uskup.

Ketiga rangkaian peribadatan ini terekam kamera Salam Damai, dan akan disuguhkan buat Anda pembaca setia Salam Damai.


           


SALAM DAMAI majalah umat Keuskupan Agung Semarang….

Dapatkan majalah umat Keuskupan Agung Semarang di:
Kevikepan Yogyakata (Dody - 081215498457);
Surakarta (Magdhalena Lilis - 085725391700);
Kedu (Eko - 081325471453);
Semarang (Lily - 081390887950).

Juga di Toko Devosional Keuskupan, Toko Buku ‘Shekinah’ Semarang, Showroom Penerbit Kanisius Yogyakarta, dan toko rohani & sekretariat paroki. 

No comments