Header Ads


Breaking News

Sosialisasi Pra-AYD Kaum Muda Kedu

PAPARAN: Salah satu peserta AYD sedang memaparkan tentang AYD kepada para OMK dalam safari paroki di Kevikepan Kedu. (Foto: Anton W)

Kaum Muda Kevikepan Kedu menyambut sukacita Asian Youth Day VII dengan berbagai acara yang melibatkan Orang Muda Katolik (OMK) dan Organisasi Pelajar Katolik (OPK) se-Kevikepan Kedu. Hal ini terungkap lewat sosialisasi event Pra-AYD di Gereja St Yusup Pekerja Mertoyudan, Minggu (19/3).

Mengawali sosialisasi, Ambrosius Wahyu Aryono Nugroho sebagai peserta AYD menjelaskan bahwa peserta AYD Kevikepan Kedu akan mengadakan safari Pra-AYD dan Gelar Budaya Kaum Muda Kevikepan Kedu. Safari paroki akan dimulai tanggal 22 April 2017 di Paroki St Ignatius Magelang dan selanjutnya bergilir ke paroki-paroki lain di Kevikepan Kedu. 

Dalam safari nanti, peserta AYD akan mementaskan fragmen untuk memperkenalkan AYD kepada umat yang hadir dalam misa. Pada akhir misa, peserta AYD bersama OMK Paroki akan menampilkan flashmob theme song AYD dilanjutkan pertemuan dengan OMK Paroki untuk mengenalkan lebih jauh AYD. “Selanjutnya, OMK Paroki akan menggemakan event AYD ini kepada kaum muda di paroki, stasi atau wilayah hingga lingkungan-lingkungan.  Dari kegiatan safari ini diharapkan OMK paroki bisa menanggapi dalam wujud Gelar Budaya sebagai ekspresi sukacita menyambut event AYD,” ucapnya.

Days in Diocese
Kaum muda Rayon Utara menyambut AYD lewat 2 acara, yakni Live in Go Green OMK Paroki MSF se-Jawa yang akan diadakan di lingkungan Wates Paroki Parakan pada tanggal 29 April – 1 Mei, serta Jaringan Komunikasi (Jarkom) Pelajar Katolik KAS ke-40 yang akan diadakan di Paroki Temanggung tanggal 4-6 Juli 2017.

Sebagai event Pra-AYD, kaum Muda Rayon Tengah yang terdiri dari Paroki St. Yusup Pekerja Mertoyudan, St Ignatius, St Maria Fatima dan St Mikael Panca Arga Magelang akan melakukan aksi jalan kaki sambil membersihkan sampah plastik dari paroki masing-masing menuju puncak Bukit Tidar. Di atas puncak akan diadakan pelepasan 200 ekor burung sebagai simbol kepedulian terhadap alam.

Rayon Selatan Kedu yang terdiri dari paroki Salam, Muntilan, Sumber, Banyutemumpang dan stasi Ngawen akan mengadakan kegiatan Rayon Selatan Youth Day (RYD) yang diadakan bersamaan dengan kegiatan live in Days in Diocese (DID) peserta AYD di Paroki Sumber pada tanggal 30 Juli – 1 Agustus. Sebanyak 50 OMK Rayon Selatan akan berproses bersama 75 peserta live in AYD dalam bentuk saresehan, diskusi, refleksi, kunjungan multikultur ke Sekolah Sawah dan pondok pesantren serta workshop kesenian tradisional yang akan dipentaskan pada malam pentas keakraban menjelang berakhirnya DID. # Anton Wijayanto

No comments