Header Ads


Breaking News

Pemuda Katolik Harus Perjuangkan Rakyat


PEMUDA Katolik menjadi garda depan karya gereja dalam mewujudkan karya sosial kemasyarakatan. Gereja Katolik DIY mendorong agar kawula mudanya semakin terpanggil menjalankan tugas perutusan secara nyata dalam berbagai realitas kehidupan di tengah masyarakat, terlebih turut serta mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

''Saya senang adanya kegiatan ini. Karena berarti semakin bertambah pemuda yang mau memikirkan Indonesia, semakin banyak orang yang akan berjuang mewujudkan kesejehteraan rakyat Indonesia,'' tandas Rama Vikep DIY, Florentinus Hartosubroto Pr ketika menghadiri puncak kegiatan masa penerimaan anggota (mapenta) Pemuda Katolik Komda DIY, di Dusun Dukuh, Desa Pendowoharjo,  Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Minggu (5/3).

Ia mengungkapkan keterpanggilan anak muda Katolik harus terus didorong semua pihak dari berbagai penjuru, sejalan arah dan gerak hidup menggereja. Upaya dan usaha gereja terus menyesuaikan tuntutan zaman dan relevan menjawab kebutuhan persoalan sebagaimana rencana tertuang dalam Rencana Induk dan Arah Dasar gerak gereja mewujudkan peradaban kasih.

Menurutnya makna mewujudkan peradaban kasih yang menjadi tujuan gereja Katolik, berarti tidak hanya orang Katolik yang dipikir dan diperjuangkan, melainkan berpikir dan berjuang untuk rakyat.
Ia juga menyadari tidak banyak anak muda gereja yang berani bergerak di jalur kebangsaan termasuk rama yang bertugas di paroki sekalipun. 

Berkarya
Kendati demikian hal itu tidak menjadikan kendala bagi pemuda untuk berkiprah dan berkarya. Ia mengharapkan melalui kaderisasi akan mencetak kader-kader militan yang tidak perlu menunggu perintah, tidak mudah menyerah, dan terus terpanggil turut membangun bangsa serta negara.

''Bagaimana peradaban kasih akan terwujud kalau yang dibahas dalam rapat-rapat hanya soal dekorasi meja altar misa. Mau pakai bunga petik atau bunga hidup. Bagaimana rencana dan impian peradaban kasih itu bisa terwujud,'' tandas Rama.

Ketua pemuda Katolik Komda DIY, Agus Budiarta mengatakan kegiatan mapenta Pemuda Katolik Komisariat DIY (Komda DIY) salah satu konsolidasi organisasi sekaligus mendorong anak muda semakin banyak terpanggil berkiprah dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dan negara. * Agung PW

No comments