Header Ads


Breaking News

Kursus Evangelisasi Pribadi di Gereja Kidul Loji

Foto: Ignatius Herman Suwandono dan Heronimus Sudarto dalam KEP angkatan V di Gereja Kidul Loji Yogyakarta.

Puluhan orang memenuhi aula Gereja Santo Fransiscus Xaverius Kidul Loji Yogyakarta. Mereka bersemangat mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) yang sudah berlangsung beberapa kali.

Koordinator acara KEP, Ignatius Herman Suwandono menjelaskan kursus diikuti peserta dari berbagai paroki di Yogyakarta. Kegiatan tersebut terbuka tak hanya bagi umat Paroki Kidul Loji tetapi terbuka untuk siapa saja. Banyak paroki yang mengirimkan utusan mengikuti kursus.

''Memang sebagian besar berasal dari Paroki Kidul Loji namun banyak pula yang dari paroki lain. Sejak pelaksanaan KEP pertama sampai kelima ini banyak peserta dari luar paroki. Mereka tertarik untuk menyebarkan kabar gembira ke umat di wilayahnya masing-masing,'' kata Herman.

Peserta kali ini sebanyak 60 orang namun hanya 50 yang berangkat karena sebagian sakit dam ada halangan mendadak. Sebelum acara berlangsung, peserta mengikuti pengakuan dosa dan pencerahan Roh Kudus.

Banyak Manfaat
Ketua Panitia KEP, Heronimus Sudarto menjelaskan banyak manfaat yang diperoleh setelah mengikuti acara tersebut. Ia menceritakan pengalaman pribadinya usai mengikuti kursus. Bagaikan mendapat pencerahan, ia bisa meminimalisir perilaku negatif dalam kehidupannya.

''Banyak peserta yang juga mengalami hal sama. Kami mendapatkan keterbukaan dan pencerahaan sehingga iman semakin kuat sebagai bekal menjalani kehidupan sekaligus menyebarkan kabar gembira,'' imbuhnya.

Setelah mengikuti KEP, peserta kecuali memperoleh manfaat secara pribadi namun juga memiliki tugas mencari domba yang hilang. Banyak orang Katolik yang hidup tidak sesuai ajaran Yesus Kristus bahkan ada yang meninggalkannya. Lulusan KEP dengan bekal yang sudah diperoleh berusaha mencari domba yang hilang dan mengajaknya kembali ke jalan Tuhan.

''Kami melakukan pendekataan yang wajar, tidak menggurui, kalau bisa merangkul mereka yang sudah meninggalkan Tuhan supaya pelan-pelan kembali ke jalan Tuhan. Memang berat tugasnya tetapi dengan berserah diri kepada Tuhan tentu akan ada jalan,'' kata Sudarto. * Agung PW

No comments