Header Ads


Breaking News

Anak-Anak Sumber Membuat Kotak APP

MEMBUAT KOTAK: Anak-anak PIA Paroki Sumber membuat kontak APP untuk menyisihkan uang jajan mereka. (Foto: Anton W)

Demi mewujudnyatakan kasih dalam Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2017, anak-anak PIA Paroki St Maria Lourdes, Sumber, membuat kotak APP bersama. Kotak tersebut dibuat bersama dalam pertemuan PIA usai Misa Minggu, 5 Maret 2017. 

Ada sekitar 40 anak membuat kotak APP dengan bentuk hati. Bahan yang digunakan antara lain, karton manila, kertas lipat dan alat mewarnai. Selain itu, mereka juga membawa hiasan masing-masing. Mereka dibantu oleh para pendamping PIA. 

Menurut koordinator PIA wilayah Sumber, Yustina Sukistinah, kegiatan membuat kotak APP anak ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi materi APP untuk anak-anak di Kevikepan Kedu yang diadakan Komisi Karya Misioner (KKM) KAS pada tanggal 28-29 Januari 2017 lalu. Dengan membuat kotak sendiri berbentuk hati yang merupakan simbol kasih, anak-anak diharapkan lebih terlibat dan bersemangat di dalam APP. 

“Kotak ini nantinya akan diletakkan di tempat yang strategis dan anak-anak diharapkan secara rutin mengisinya. Sementara untuk kotak niat, merupakan kotak tempat anak menuliskan niatan baik yang akan dilakukan pada hari itu, misal membantu orang tua, rajin belajar, bersikap baik pada teman dan sebagainya. Setiap pertemuan APP, anak-anak diminta untuk berbagi cerita tindakan kasih yang dituliskan dalam kotak niat,” ucap Yustina.

Sementara itu, pendamping PIA Margaretha Sri Wahyuni menuturkan bahwa orangtua berperan untuk selalu mengingatkan anak agar tidak lupa mengisi kotak APP dengan cara menyisihkan sebagian dari uang saku mereka, bukan dari meminta tambahan uang saku yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak APP.  Menurut rencana, dana yang nantinya terkumpul, jika tidak dijadikan satu di Kevikepan, akan digunakan sebagai aksi nyata anak-anak paroki, misalnya dengan disumbangkan ke Panti Asuhan. 

“Dengan mengajak anak untuk langsung menyumbangkan dana APP yang mereka kumpulkan dalam kotak yang mereka buat sendiri, diharapkan anak PIA Sumber  bisa melihat sendiri kondisi anak-anak  yang kurang beruntung dibandingkan mereka. Aksi nyata ini diharapkan bisa melatih empati anak sekaligus wujud nyata tindakan kasih,” tutur Margaretha. #Anton Wijayanto

No comments