Header Ads

Breaking News

Tim PSE Tebar Gerakan Nyelengi

Umat sedang menghitung uang di celengan

TIM Pelayanan (TP) Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius (FX) Klaten Selatan Paroki Santa Maria Bunda Kristus Wedi, mempunyai program unik yang dinamai ‘Aku Bahagia Dapat Berbagi’. 

Ide program ini berasal dari Yohanes Hartono, Ketua Lingkungan St FX. Dalam program ini, TP PSE lingkungan membagikan celengan (tempat menabung dari tanah liat) kepada keluarga Katolik pada bulan Maret 2016. Celengan ini dimaksudkan untuk mewadahi atau mengumpulkan uang receh (koin) Rp 100 dan sejenisnya dari pengembalian belanja (susuk, bahasa Jawa) dan sebagainya. 

Di akhir tahun lalu, celengan yang dibagikan kepada keluarga itu lalu dikumpulkan kembali ke lingkungan. Celengan tersebut lalu dipecah, dan uangnya dihitung bersama-sama di rumah Maria Gorreti Siti Purnawanti, salah satu TP PSE Lingkungan FX. Setelah dihitung, uang yang terkumpul dalam celengan tersebut ada Rp 2.903.600. 

Ketua Lingkungan FX Marjono menyambut positif program ‘Aku bahagia dapat berbagi’ ini. Karena umat dilatih untuk menabung, menghargai rejeki pemberian Tuhan (tidak menyia-nyiakan uang receh), dan berbagi dengan umat yang membutuhkan. 

“Uang hasil celengan ini akan kita gunakan untuk kepentingan karitatif (membantu umat yang sangat membutuhkan) dan untuk kepentingan pemberdayaan ekonomi umat (dengan sistem pinjaman bergulir). Semoga program ini bisa menjadi inspirasi bagi umat atau lingkungan lain,” katanya. *Laurentius Sukamta

No comments