Header Ads


Breaking News

Karawitan Anak Iringi Misa

Ngalap berkah gunungan Roti Hijau. (Foto: Sukamta) 

PERAYAAN Ekaristi Hari Raya Santa Maria Bunda Allah di Gereja Santa Perawan Maria Bunda Kristus Wedi, Minggu (1/1) pagi, berlangsung meriah. Moment ini menjadi spesial karena bertepatan dengan pesta pelindung Gereja Wedi.

Suasana misa yang diiringi Karawitan Anak Parikesit ini terasa sangat beda. Umat begitu menikmati gendhing-gending yang dimainkan Parikesit ini.

Karena menariknya, sampai-sampai Parikesit diberi waktu untuk menampilkan kemampuannya sebelum berkat penutup. Parikesit menampilkan dua lagu atau gendhing, yaitu Bowo Asmoro Begadang (ciptaan Ki Narto Sabdo) dan Ilir-Ilir. Umat dan rama pun ikut “tersihir” untuk menyanyi bersama.

Usai misa, digelar pesta umat di halaman gereja. Umat menikmati hidangan yang telah disiapkan lingkungan. Berbagai menu dihidangkan seperti nasi gudangan, nasi pecel, nasi gudeg, nasi liwet, dan sebagainya.

Juga ada prosesi ngalap berkah Gunungan “Roti Hijau” sumbangan salah satu umat. Di dalam Roti Hijau ini diselipkan sejumlah perhiasan cincin emas sebagai doorprize. Umat yang hadir sangat menikmati pesta umat ini. * Laurentius Sukamta  

No comments