Header Ads

Breaking News

Atma Jaya Bangun Eco Camp Rama Mangun

PERESMIAN: Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta Dr Gregorius Sri Nurhartanto SH LLM meresmikan Eco Camp Mangun Karsa di Dukuh Karang, Girikarto, Panggang, Gunungkidul.(Foto: Agung)

MAHASISWA dan dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membangun Eco Camp Mangun Karsa di Dukuh Karang, Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Mereka bekerja sama dengan warga setempat, bergotong royong membuat jalan masuk ke lokasi eco camp serta gorong-gorong saluran air.

''Kami bersama warga membuat eco camp di lahan almarhum Rama Mangunwijaya. Kegiatan diawali dengan pembukaan jalan masuk yang dilanjutkan dengan pengeksplorasian sumber air beserta jaringannya yang akan didistribusikan kepada masyarakat, khususnya di Dukuh Karang. Berdasarkan kesepakatan dengan warga maka eco camp tersebut diberi nama Eco Camp Mangun Karsa,'' tutur Rektor Dr Gregorius Sri Nurhartanto SH LLM.

Ia lebih lanjut mengatakan Program Pengabdian Masyarakat menjadi perhatian serius kampusnya. Setelah beberapa waktu lalu melaksanakan PPM di kawasan Gunungkidul, Kulon Progo dan sekitar kampus, kali ini UAJY melaksanakan PPM di Pedukuhan Karang Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Kerja Bakti
Pelaksanaan pengabdian masyarakat diikuti 12 dosen pembimbing, lima asisten pembimbing dan 25 mahasiswa dari enam fakultas serta anggota reismen mahasiswa. Para dosen, asisten, dan mahasiswa beserta masyarakat setiap hari bekerja bakti dalam pekerjaan fisik pembuatan jalan maupun gorong-gorong. Malam hari mereka terlibat penyuluhan dan dialog.

Mahasiswa yang bertempat tinggal di salah satu rumah penduduk melakukan kerja bakti mulai tanggal 20 sampai dengan 24 Januari 2017. Konsentrasi kegiatan berupa pembuatan bangunan fisik yaitu jalan masuk sepanjang dua kilometer dan gorong-gorong dengan lebar 5,5 meter bentang 2 meter dan kedalaman 1,5 meter.

Di samping kegiatan tersebut, dalam waktu yang bersamaan mereka menggelar pelatihan ketrampilan dan penyuluhan, yaitu membatik, penyuluhan hemat energi listrik, pengelolaan kera ekor panjang, BUMDES dan penyuluhan hukum ITE serta pelatihan pembuatan pupuk. # Agung PW

No comments