Header Ads


Breaking News

USD Bangun Manusia Cerdas dan Humanis di Era Digital

UNIVERSITAS Sanata Dharma (USD) Yogyakarta dalam usianya yang yang semakin matang, 61 tahun, selalu berusaha merespon tantangan zaman seperti tema besar dies natalis 'Cerdas dan Humanis di Era Digital'. Tema tersebut sangat sesuai dengan dengan situasi dan kondisi yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Rektor USD, Drs Johanes Eka Priyatma MSc PhD
Era teknologi informasi menurut Rektor USD, Drs Johanes Eka Priyatma MSc PhD membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Kehadiran masyarakat informasional semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari dan mempengaruhi kehidupan akademik. Realitas ini membawa peluang sekaligus ancaman pada berbagai aspek kehidupan manusia, juga relasi yang massif difasilitasi teknologi informasi.

''Guru dan dosen menghadapi tantangan berat. Lengah sedikit bisa mengakibatkan hilangnya peran pendidik. Peserta didik merasa bisa memperoleh apa saja termasuk ilmu dari teknologi informasi. Karena itulah guru dan dosen harus mengembangkan strategi supaya tidak kehilangan perannya dalam pendidikan,'' tandasnya.

Prodi Baru
Eka menjelaskan tahun 2016 ini USD memperoleh izin dari pemerintah untuk membuka program studi baru. Program itu yakni Program Doktor (S3) Kajian Budaya, Program Master (S2) Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Sarjana (S1) Ekonomi.

Program Kajian Budaya masih melakukan persiapan sehingga belum menerima mahasiswa baru tetapi dua program baru lainnya sudah menerima pendaftar dan respon masyarakat sangat bagus. Tahun lalu, USD juga sudah membuka dua program magister yakni Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Keduanya memperoleh respon yang sangat bagus dan jumlah mahasiswanya banyak. Sekarang, kampus tersebut sedang mengajukan dan menunggu izin untuk program studi baru, S1 Pendidikan Kimia dan Magister Farmasi.
Ia menjelaskan pula pencapaian akreditasi A untuk sejumlah program studi yaitu Pendidikan Agama Katolik, Sastra Inggris, Farmasi, Psikologi. Beberapa prestasi lain, mahasiswa dan dosen yang memenangkan kompetisi di tingkat nasional dan internasional. * Agung PW

No comments