Header Ads


Breaking News

Joyful Run, 10.000 Peserta Berlari


Sebanyak sepuluh ribu peserta berlari memeriahkan acara 5 Km Joyful Run dalam rangka menyambut Asian Youth Day (AYD) 2017. Kegiatan yang dikemas untuk lintas iman ini diselenggarakan hari Minggu (18/2) pagi di Kota Semarang.

“Joyful Run ini diikuti tidak hanya umat Katolik saja, melainkan juga umat agama-agama lain seperti Islam, Hindu, Budha, Konghucu, dan Kristen,” ucap Andre Pratikno, ketua panitia Joyful Run. Ia juga menambahkan, “Selain untuk menyemarakkan AYD 2017 yang akan berlangsung 7 bulan lagi, acara Joyful Run ini juga menjadi kesempatan untuk menjalin persaudaraan lintas iman dan mendukung kebhinekaan bangsa Indonesia.”

Joyful Run ini dibuka oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi. Pada kesempatan itu Rukma mengatakan, “Kegiatan Joyful Run ini menunjukan betapa indahnya keberagaman itu. Meski kita tidak satu suku, tidak satu kepercayaan, namun kita adalah satu Indonesia. Dengan kegiatan ini rakyat menjadi sehat dan negara menjadi kuat!”

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah, Haji Taslim, mengatakan, “Joyful Run ini adalah gambaran negara Indonesia yang sangat beragam. Beragam itu seperti pelangi, indah dipandang mata. Biarlah semangat kebhinekaan semakin meluas ke seluruh Indonesia.

Acara ini didukung penuh oleh Keuskupan Agung Semarang, dengan kehadiran para Rama Kuria KAS, seperti tampak Administrator Diosesan Rama FX Sukendar Pr dan Rama Ignasius Aria Dewanto SJ selaku ekonom KAS.

Lintas Iman
Ketua panitia AYD 2017, Rama Heribertus Budi Purwantoro Pr, menegaskan kegiatan Joyful Run ini sungguh sangat mendukung tema Asian Youth Day 2017, yaitu ‘Joyful Asian Youth Living the Gospel ini Multicultural Asia’. “Tema AYD 2017 berbicara tentang multikultural. Hal ini sangat sesuai dengan situasi Indonesia dan Asia yang terdiri dengan beragama suku dan agama. Dengan joyful atau sukacita, kita mensyukuri karena kita bisa hidup dalam keberagaman dan perbedaan. Dan ini tampak sekali dalam kegiatan Joyful Run ini,” tegas ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang ini.

Sepuluh ribu peserta yang terdiri orang muda, anak-anak, bahkan orang tua ini sungguh menggambarkan multikultural. Tepat pukul 06.30, mereka berlari bersama sejauh 5 km memutari pusat Kota Semarang. “Tapi bagi mereka yang tidak kuat lari, bisa juga berjalan,” tandas Andre Pratikno.

Tampak diantara peserta para rama, bruder, dan suster serta perempuan-perempuan Muslim yang berjilbab. Ada dua puluhan Muslimah dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Semarang. Bahkan empat diantaranya mahasiswi dari negara Thailand yang belajar di Semarang. “Kami ikut acara Joyful Run ini karena ingin mendukung keberagaman dan sikap toleransi di Indonesia,” ucap Lutfi Azizah.

Peserta dari Konghucu, Agung Cong, menyambut positif Joyful Run dengan mengatakan, “Dengan Joyful Run ini, saya teringat ucapan Mgr Soegijapranata, kita harus menjadi 100%. Apapun suku, agama, budaya kita, kita harus menjadi 100%. Dan sebagai warganegara kita harus menjadi 100% Indonesia.” 

Barongsai-Liong
Barongsai dan Liong dari SMA Mataram Semarang memeriahkan Joyful Run sebelum dimulai

Selain lomba lari, juga ditampilkan berbagai kesenian dari berbagai kebudayaan dan agama. Sebelum peserta berlari, mereka disuguhi pertunjukan barongsai dan liong dari SMA Mataram Semarang. Sekolah ini mayoritas siswanya adalah anak-anak Tionghoa. Pagi itu mereka memainkan barongsai dan liong yang sangat atraktif.

Tidak hanya itu. Empat santri dari Pondok Pesantren Al-Ishlah, Tembalang, Semarang juga unjuk kesenian. Pondok Pesantren yang dipimpin Kyai Haji Budi Harjono ini menampilkan tarian Sufi yang berkolaborasi dengan Pastor Aloysius Budi Purnomo (ketua komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang) yang memainkan saksofone di atas panggung. Tepuk tangan riuh mengiringi tarian ini.

Dalam kesempatan itu hadir pula artis ibukota Citra Scholastika dan MC Donna Agnesia yang mengisi acara pengundian kupon Joyful Run. Inilah pucak kegiatan yang dinanti-nanti seluruh peserta. Selain beragam barang elektronik, diperebutkan sebagai hadiah utama adalah satu motor dan satu mobil.  Beberapa jam sebelumnya diadakan pengundian kupon AYD 2017 oleh Rama FX Sukendar. # Elwin
Sepuluh ribu peserta Joyful Run mulai berlari dari garis start
Para suster berlari demi memeriahkan Joyful Run
Beberapa peserta dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang berasal dari Thailand
Di Lapangan Tri Lomba Juang seperti lautan manusia

No comments