Header Ads


Breaking News

Sinopsis Majalah SALAM DAMAI Edisi 86 Vol 08 (DESEMBER 2016)

Tema: Perjuangan Bunda Maria



Fokus   
Natal, Kisah Perjuangan Bunda Maria
Bayangkan, betapa bergejolaknya hati Maria muda, ketika mendapat kabar dari malaikat Tuhan bahwa ia akan mengandung Anak Allah. “Bagaimana hal itu mungkin terjadi karena aku belum bersuami?”

Antara bahagia mendapat anugerah kepercayaan di satu sisi, dan rasa was-was kalau Yusuf tunangannya marah dan memutus tali kasih mereka, itu dilema Maria. Jika kehamilan sebelum menikah itu diketahui masyarakat, sanksi sosial mengerikan akan mengikutinya. Masyarakat pada saat itu akan menghukum gadis-gadis yang hamil di luar nikah.

Namun akhirnya Maria pun dengan hati teguh memutuskan untuk  menerima kabar dari malaikat Gabriel itu sebagai anugerah. “Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu,” kata Maria dengan hati yang  ikhlas. Spirit  teguh menghadapi cobaan itu  ternyata menurun pada Sang Putra, sebagaimana yang Dia lakukan ketika berdoa di Taman Getsemani, “Ya, Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mu lah yang terjadi.”


Liputan Khusus
Kongres Keluarga: Sukacita Cinta
Tarekat MSF Indonesia melalui Kerasulan Keluarga MSF Provinsi Jawa menyelenggarakan Kongres Keluarga II selama tiga hari, Jumat-Minggu (28-30/10), di Oak Tree Papandayan, Semarang. Kongres berskala nasional ini bertema ‘Keluarga Sukacita Cinta’ dihadiri 142 peserta pasutri, kaum muda, dan para imam, dari 19 paroki MSF di 3 keuskupan: Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Agung Jakarta, dan Keuskupan Palangkaraya. 
Menurut ketua SC (Streeng Committe) Panitia Kongres Keluarga II, Rama Yohanes Aristanto Harisetiawan MSF, “Kongres keluarga II ini secara khusus mendalami seruan apostolik Paus Fransiskus ‘Amoris Laetitia’. Karena sejak dipromulgansikan tanggal 19 Maret 2016, belum ada spirit dari Gereja Katolik Indonesia untuk mendalaminya.” 


Profil
Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja Berusia 82 Tahun
Memasuki usia ke-82 pada tanggal 20 Desember 2016, Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja SJ semakin merasakan adanya perubahan dalam dirinya. Pelan tapi pasti, kekuatan fisik makin mundur dan cepat lelah. Mata pun makin kabur, terutama mata kanan. Ia pun menerima semua dengan legowo. Penglihatannya sangat terbatas, namun tak mengurangi aktivitas untuk membaca buku-buku maupun menulis renungan serta makalah  bahan rekoleksi. “Ada alat bantu mengetik dengan menggunakan komputer yang dilengkapi alat khusus, sehingga saya bisa mengetik dan membaca tulisan dengan lebih baik,” ucapnya sambil tersenyum.

Konsultasi Keluarga
Aku Khawatir, Anakku Nikah di Luar Gereja
Kami memiliki 2 anak laki-laki. Anak pertama sedang menjalani pendidikan di seminari. Anak kedua (26 tahun) sudah bekerja di luar kota. Saya dan isteri begitu mencemaskan si bungsu, karena memiliki teman dekat berbeda iman. Berkali-kali kami sudah mengingatkannya, kalau orangtua tidak akan merestui bila suatu saat ia menikah di luar Gereja Katolik. Kami khawatir bila hal tersebut sungguh terjadi. Betapa malunya kami. Mohon bimbingan Romo, langkah apa yang harus kami lakukan. Terima kasih. Berkah Dalem.

Konsultasi Iman
Pa, Apa Sih Kapel Itu?
Romo Luhur terhormat, sepulang sekolah anak saya yang duduk di kelas 3 SD bertanya demikian, “Pa, sih kapel itu?” Saya menjawabnya, “Nak, kapel itu tempat untuk berdoa untuk orang Katolik.” Lalu ia berkata, “Tempat berdoa orang Katolik, kan gereja, Pa.” Saya pun hanya tersenyum dan berkata dalam hati, “Lalu bedanya kapel dengan gereja apa ya?”
Romo, itulah yang ingin saya tanyakan: apakah beda kapel dengan gereja. Apa yang membedakan keduanya? Sejak kapan muncul istilah kapel? Bolehkah umat lingkungan mendirikan kapel untuk berdoa bersama? Apa syarat-syarat mendirikan kapel? Semoga jawaban pertanyaan ini juga bisa menjawab pertanyaan anak saya. Terima kasih Romo. Berkah Dalem.


Inspirasi Iman
Matilda Narulita: Kini, Aku Menang Atas Kanker
“Kanker memang membuat saya kehilangan banyak hal, tetapi tidak masa depan saya. Tuhan menunjukkan bahwa sakit ini tidak menghalangi saya untuk mendapatkan cita-cita saya,” ujar Matilda Narulita penuh syukur.
Matilda pun memandang langit biru dari balik jendela apartemennya di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Langit biru itu memberinya harapan untuk mewujudkan mimpinya meraih gelar MBA di University of Michigan-Stephen M. Ross School of Business. Ia pun tersenyum dan berkata dalam hatinya, “Saya telah 'menang' atas kanker.”



SALAM DAMAI majalah umat Keuskupan Agung Semarang….

Dapatkan majalah umat Keuskupan Agung Semarang di:
Kevikepan Yogyakata (Dody - 081215498457); 
Surakarta (Magdhalena Lilis - 085725391700); 
Kedu (Eko - 081325471453); 
Semarang (Agustina - 087731588807).
Juga di Toko Devosional Keuskupan, Toko Buku ‘Shekinah’ Semarang, Showroom Penerbit Kanisius Yogyakarta, dan toko rohani & sekretariat paroki. 

No comments