Header Ads

Breaking News

Ponpes Sunan Kalijaga Ikut Pameran HPS

Bupati Klaten menyerahkan potongan tumpeng kepada Rama Ignasius Slamet Riyanto Pr. (Foto: L Sukamta)
SEBANYAK sembilan paroki, dua stasi, dan sejumlah lingkungan serta perwakilan memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-26 tahun 2016 tingkat Rayon Klaten di Gereja Maria Assumpta (GMA) Klaten, Sabtu-Minggu (15-16). Peringatan HPS yang bertema ‘Penguatan Pangan Berbasis Keluarga’ ini diisi dengan misa syukur, gelar budaya, dan pameran hasil bumi.

Misa dipersembahkan Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Agung Semarang (KAS) Rama Alexius Dwi Aryanto Pr bersama Pastor Kepala Paroki Maria Assumpta Klaten Rama Modestus Supriyanto Pr. Dalam misa ini ada persembahan hasil bumi dan kirab gunungan bahan pangan dari sembilan paroki dan panitia HPS Rayon Klaten.

Sedang dalam gelar budaya ditampilkan potensi seni yang dimiliki sejumlah paroki dan stasi. Di antaranya adalah Tari Golek Sri Rejeki dari Stasi Ketandan, Band Gloria dari Paroki GMA Klaten, Tari Tanem Tuwuh dari Paroki Wedi, seni Hadroh dari Paroki Gondangwinangun, dan sebagainya.

Sementara dalam pameran hasil bumi, peserta memamerkan hasil karyanya seperti makanan jadi, bahan pangan, bumbu masak, aneka minuman, bibit pertanian, alat pertanian, berbagai tanaman, peternakan, buku, dan sebagainya. Peserta memamerkan hasil karyanya sesuai dengan potensi lokal yang ada di wilayahnya. Yang menarik, dalam pameran ini juga diikuti stand dari Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Wedi yang memamerkan produk karak.

Pembukaan peringatan HPS Rayon Klaten ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Klaten yang diberikan kepada Rama Ignasius Slamet Riyanto Pr. * Laurentius Sukamta

No comments