Header Ads

Breaking News

LAI Gelar Pameran Benda-Benda Alkitab

Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) salah satu penerbit Alkitab untuk denominasi Gereja, mengadakan pameran Alkitab dengan nama Pekan Pengenalan Alkitab. Kegiatan ini berlangsung Jumat-Minggu (14-16/10) di Sukasari, Paroki Katedral, 
Menurut ketua panitia Pendeta Obaja, “Pameran dibuka oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama Vikep Semarang Rama AG Luhur Prihadi dan Kepala Bidang Perpustakaan dan Museum LAI Bambang Kristanto Sitompul. Dihadiri pula utusan Gereja-gereja Kristen di Kota Semarang.” 

Pameran yang baru pertama kali diadakan LAI di Kota Semarang ini sejak hari pertama telah dipadati pengunjung, terlebih anak-anak. “Targetnya 1.500 pengunjung setiap hari,” ucap Bambang Kristanto Sitompul.

Menurut Bambang, pameran ini menyuguhkan 120 koleksi yang dibagi dalam 2 kategori. Kategori pertama adalah koleksi yang berkaitan dengan sejarah penerjemahan Alkitab di dunia sampai ke Indonesia, seperti replika temuan-temuan arkeologi naskah-naskah atau gulungan-gulungan kitab yang berasal dari abad-abad awal Masehi. Namun beberapa merupakan koleksi asli dari abad ke-15 hingga abad ini. “Misalnya Alkitab terjemahan dalam bahasa Melayu yang pertama kali pada tahun 1629 yang dikerjakan oleh saudagar dari Belanda. Ini menjadi tonggak awal penerjemahan Alkitab di Nusantara,” ucapnya. 

Kategori kedua adalah benda-benda temuan arkeologi yang disebut di dalam Alkitab. Misalnya tanaman pohon ara, sesawi, zaitun, dll. Juga koleksi-koleksi yang digunakan masyarakat zaman itu, seperti alat-alat musik, dll. # Elwin 

No comments