Header Ads


Breaking News

Komkel KAS Berkunjung ke Desa Wates

Komisi Keluarga Keuskupan Agung Semarang (Komkel KAS) kembali mengadakan kunjungan ke desa terpencil. Kali ini Desa Wates, Sumber, Muntilan yang mendapat kunjungan. Komkel KAS bersama Komkel Kevikepan Kedu, dan Tim Pastoral Keluarga Paroki (TPKP) St Maria Lourdes, Sumber bertemu dengan pejabat pemerintah Desa Wates di balai desa, Kamis (20/9).

Dalam kesempatan itu, ketua Komkel KAS Rama Yeremias Balapitu Duan MSF mengutarakan maksud pertemuan tersebut. “Tujuan kami berkunjung ke Desa Wates adalah untuk menjajagi peluang kerjasama antara Komisi Keluarga dan Desa Wates. Mungkin ada sinergi yang bisa dilakukan bersama, terutama terkait dengan pembinaan keluarga,” ucapnya. 

Kunjungan ini memperoleh respon positif dari Kepala Desa (Kades) Wates Sutrisno beserta staf. Dalam pertemuan ini Kades menyampaikan ‘curhat’ terkait dengan situasi yang terjadi di Desa Wates. “Pertama, pengerukan pasir secara liar telah terjadi di Desa Wates. Akibatnya, debit air berkurang drastis, sehingga sawah kekurangan air,” ucap Sutrisno. 

Tambahnya, panen hasil bumi melimpah, namun masih terkendala dengan pemasaran. Akibatnya, kurang menambah kesejahteraan masyarakat. Selain itu, limbah sampah begitu banyak di desa ini.  
Menanggapi kendala tersebut, Rama Yeremias mengajak Komkel Kedu, khususnya TPKP Sumber, serta Paroki Sumber untuk secara aktif bersama masyarakat desa membantu mengatasi berbagai kendala di Desa Wates. # Elwin

No comments