Header Ads

Breaking News

Hari Pengan Sedunia Menikmati Nasi Wiwit di Ganjuran

Rama Utomo memberkati benih padi di Ganjuran. (Foto: Agung)
RIBUAN orang mengikuti rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang berlangsung di kompleks Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran, Bantul. Ada berbagai kegiatan serta lomba, selain itu pameran alat pertanian kuno serta pemberkatan biji padi dan tumbuhan lainnya.

Bukan saja orang dewasa yang terlibat, anak-anak kecil seperti siswa SD Tarakanita Yogyakarta pun ikut serta dan merasakan nasi wiwit yang dibagikan gratis ke seluruh umat yang datang. Nasi wiwit merupakan nasi khas untuk upacara wiwitan atau upara menjelang panen padi.

''Baru kali ini tahu dan merasakan yang namanya nasi wiwit, ada telur, serbuk kacang dan srundeng, khas banget dan enak,'' tutur Airlangga yang datang dari Semarang.

Ia bersama teman-temannya mengendarai sepeda motor memang untuk mengikuti puncak perayaan Hari Pangan Sedunia. Jauh-jauh hari mereka sudah merencanakan datang karena belum pernah sekalipun melihat dari dekat HPS di Ganjuran.

Penggagas HPS, Rama Gregorius Utomo Pr berpakaian Jawa lengkap didampingi beberapa orang memberkati benih padi dan tanaman lainnya. Benih tersebut yang kelak bakal ditanam dan membuat kehidupan bagi manusia.

''Saatnya dan ini sebenarnya sudah sejak puluhan tahun lalu saya sampaikan supaya manusia kembali ke alam, menggunakan pupuk alami, menanam menggunakan perhitungan alam,'' tandas Rama Utomo yang sudah berusia lebih 80 tahun tapi masih bersemangat dan selalu aktif setiap perayaan HPS. * Agung PW

No comments