Header Ads

Breaking News

Girisonta Gelar Lokakarya Liturgi

Berawal dari keprihatinan akan keterlibatan umat dalam tata liturgi, tim kerja (Timja) liturgi bekerjasama dengan panitia HUT ke-84  Paroki St Stanislaus Girisonta menggelar lokakarya liturgi. Lokakarya dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan Minggu (21/8) dengan materi Misdinar, prodiakon dan lektor dengan bahasan utama menyangkut seputar pelayanan dalam Ekaristi.

Tahap kedua dilaksanakan Minggu (18/9) dengan sasaran peserta kelompok koor, organis dan dirigen. Materi lokakarya membahas seputar pendalaman pengetahuan musik liturgi, iringan misa dan lagu-lagu gereja. Sedangkan lokakarya tahap ketiga dilaksanakan Minggu (9/10) lalu dengan topik bahasan tatalaksana dan hias altar.

Yohanes Sriyadi, ketua bidang liturgi, menyebutkan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kesadaran para petugas liturgi agar lebih maksimal dalam melayani umat. “Keprihatinan itu muncul saat agenda turba (turun ke bawah) dewan harian ke wilayah-wilayah. Dan saat turba itu umat mengeluhkan tentang petugas liturgi yang kadang tidak datang bertugas, atau hiasan altar yang hanya itu-itu saja. Dan banyak lagi masukan dari umat.”

Dalam lokakarya tahap ketiga itu diikuti sekitar 85 peserta yang kebanyakan sie hias altar dari masing-masing lingkungan. Selain diberi materi tentang tugas dan fungi petugas tatalaksana, peserta juga diajak untuk praktek langsung merangkai bunga dan dedaunan. Tampak seluruh peserta termasuk OMK yang hadir antusias dalam praktek merangkai bunga ini. #  Jokopit   

No comments