Header Ads


Breaking News

Wakijo Isi Pelatihan Jurnalistik Siswa SD

Siswa-siswi SD Kanisius Kadirojo Sleman mengikuti pelatihan jurnalistik. Mereka sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan dan ingin mengembangkan ketrampilan menulis.


Narasumber dari Paguyuban Wartawan Katolik Jogjakarta (Wakijo) menyampaikan materi dengan menarik sehingga anak-anak merasa betah mengikuti proses pelatihan. Ada beberapa wartawan senior yang menyampaikan materi menulis bahkan ada yang juga memberikan materi sebagai penyiar.
'
'Pelatihan jurnalistik tak hanya sebatas menulis karena kegiatan yang berkaitan dengan jurnalistik sangat luas. Yang penting anak-anak bisa mengasah ketrampilan dan mengembangkan minat, bakat, talentanya,'' tutur Sugeng Pranyoto, wartawan senior yang sudah belasan tahun bekerja di media cetak.

Pengetahuan dasar tentang menulis menurut Sugeng menjadi bekal bagi anak-anak ketika kelak melanjutkan pendidikan. Kelemahan anak-anak ketika studi lanjut yakni menulis. Hal ini karena anak-anak juga tidak terbiasa membaca. Ia menyarankan semakin banyak membaca akan semakin mudah menulis. 

Narasumber lain, Emo Clemon menuturkan saat ini tradisi membaca makin langka. Anak-anak terbiasa dengan tradisi menonton, televisi maupun lainnya seperti komputer, tablet, smartphone. Sama seperti Sugeng, ia menilai kelemahan anak-anak selain menulis yakni berbicara di depan publik. # Agung PW

Dapatkan artikel komplit hanya di majalah Salam Damai