Header Ads


Breaking News

Sr M Chantal AK - Manggung Sebagai Sinden

Semarak perayaan 80 tahun Seminari Tinggi St Paulus, Kentungan, Sabtu (13/8) dimeriahkan dengan pagelaran wayang wahyu dengan lakon Paulus Rasul Kang Pinujul. Ada yang menarik dalam pagelaran ini. Satu dari tiga sinden (penyanyi dalam pertunjukan wayang) adalah Sr M Chantal AK (57). 

Malam itu biarawati Abdi Kristus ini mengenakan busana kebaya berwarna putih kemerahan dan jarik bernuansa coklat. Kepalanya pun dimahkotai dengan rambut yang disanggul sebagaimana seorang sinden. Pantas saja ratusan penonton yang memadati halaman seminari, tak menyangka bahwa sinden itu adalah Sr Chantal. 

“Ini merupakan manggung pertama saya sebagai sinden,” ucap suster yang bertugas di bagian rumah tangga seminari. Ia pun mengaku senang bisa turut meramaikan pesta seminari, sekaligus bisa ikut melestarikan budaya Jawa. Dalam pagelaran ini ia melantunkan lagu-lagu seperti Welasana Amba, Rawuho Roh Kudus, Pra Sedulur, Gugur Gunung, Prau Layar, dll. 

Berapa kali latihan? “Baru dua minggu,” akunya. 

Luar biasa! Hanya dua minggu latihan sudah bisa tampil di atas panggung. Coba seandainya setahun latihannya, pasti sudah sekelas sinden senior seperti Waljinah. Sr Chantal pun tertawa sambil berseru, “Ada, ada saja...” # Elwin 

No comments