Header Ads


Breaking News

Seminaris Merto Belajar Sejarah

Sebanyak 110 seminaris dari Seminari Menengah St Petrus Canisius, Mertoyudan, mengadakan kegiatan Pekan Sejarah. Kegiatan yang digagas oleh Rama AR Yudono Suwondo Pr ini diadakan pada hari Jumat, 29 Juli 2016. 

Pada hari itu, sambil berjalan kaki para seminaris melihat potensi lokal yang ada di Magelang. Tujuan pertama adalah Bukit Tidar, karena Bukit Tidar merupakan salah satu potensi lokal atau cagar budaya yang ada di Magelang, yang konon katanya merupakan titik tengah Pulau Jawa sehingga disebut Pakunya Tanah Jawa.

Lokasi selanjutnya adalah Gereja Santo Ignatius Magelang. Sesampai di Gereja Santo Ignatius Magelang, para seminaris disambut oleh Rama Paroki sekaligus Delegatus Administrator Kevikepan Kedu Rama FX Krisno Handoyo Pr. Di sini para seminaris diajak untuk melihat sekaligus belajar mengenai sejarah perkembangan gereja yang ada di Kevikepan Kedu, mulai dari awal berdirinya Gereja Katolik pertama di Magelang hingga perkembangan menjadi kevikepan. Pada akhir sesi, Rama Krisno menayangkan video dokumenter mengenai salah satu peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Magelang khususnya di Paroki Santo Ignatius Magelang.

Menurut Rama Suwondo Pr sebagai salah satu pamong di Seminari Menengah Mertoyudan sekaligus pendamping kegiatan ini, menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan untuk rekreasi melainkan mengajak orang muda khususnya seminaris untuk menghargai sejarah dan potensi lokal yang ada di tempat dimana kita tinggal. # Henry Megantara

No comments