Header Ads


Breaking News

Salam Damai Oktober 2016

Majalah SALAM DAMAI Edisi 84 Vol 08 (OKTOBER 2016)
Fokus   
Akhirnya Bunda Teresa Jadi Santa
Sebenarnya spiritualitas apa yang mendasari Santa Teresa melakukan semua ini? Rama Telesphorus Krispurwana Cahyadi SJ pakar dan pencinta Ibu Teresa menyebut ada dua kata yang menjadi spiritualitasnya, yaitu “Aku Haus “ (I am Thirsty). Ibu Teresa selalu menggambarkan bahwa Tuhan itu selalu berkata: “Aku Haus. Akus haus untuk mencintai, Aku haus untuk dicintai”. 
“Karena menurut Ibu Teresa, penyakit yang paling parah di dunia ini adalah penyakit rohani, yang disebut pengalaman atau perasaan kurang dicintai,” ucap Rama Krispurwana, seraya menambahkan, “Banyak orang miskin yang dilayani Ibu Teresa, tetapi yang lebih parah adalah di antara mereka miskin rohani, perasaan kesepian, ditolak, dan tidak diakui.”


Inspirasi Iman
Dokter Anastasia Savitri 
Suatu siang yang terik di kota Purwakarta, seperti biasa dokter Anastasia Savitri (31) menumpang angkutan kota menuju Rumah Sakit Bhakti Husada, tempat ia berkarya. Di dalam angkot yang terasa panas itu, tiba-tiba seorang ibu memberikan kesejukan dengan menyapa, “Neng Pipi (baca: Vivi, panggilan akrabnya), mau ke mana, Neng? Trimakasih ya Neng, kemarin." Dokter Vivi pun merasa kaget dan agak terbengong.  
“Saya baru ingat bahwa Ibu itu yang teriris tangannya akibat sabit, dan saya yang menjahitnya di IGD Rumah Sakit, sehari sebelumnya,” kenang dokter Vivi. Ia pun menambahkan, “Ibu itu menyerahkan pisang setandan kepada saya. Alhasil, saya tiba di IGD dengan menyeret pisang. Saya merasa seperti dokter di film-film lawas,” tuturnya dengan tawa berderai.


Konsultasi Keluarga
Isteri Ingin Satu Anak, Suami Ingin Tiga
Rama Yeremias, pengasuh Konsultasi Keluarga, saya dan suami sudah menikah 4 tahun dan dikaruniai satu anak perempuan (2 tahun). Sejak awal saya sudah menyampaikan kepada suami hanya ingin memiliki satu anak saja. Namun sudah satu tahun ini suami menghendaki memiliki anak dua atau tiga. Alasannya agar anak-anak mempunyai saudara kandung yang bisa saling membantu. Tapi saya trauma saat melahirkan dan kuatir bahwa kelak saya tidak bisa membiayai anak-anak mengingat biaya hidup semakin mahal. Apakah saya egois, Rama? Mohon saran dari Rama. Terima kasih.  

AYD 2017
Joyful Concert for AYD 2017
Kegiatan akbar Asian Youth Day ke-7 tahun 2017 delapan bulan lagi akan digelar, tepatnya 30 Juli – 9 Agustus 2017. Demi mendukung kegiatan akbar ini, panitia menggelar acara bertajuk ‘Joyful Concert for AYD’ di Grand Ballroom Crowne Plaza Semarang, Selasa malam (20/9). 
“Joyful Concert for AYD ini bertujuan pertama-tama sebagai ajang sosialisasi AYD dan sekaligus menjadi wadah penggalangan dana,” ucap ketua panitia Joyful Concert, Petrus Edy Susianto di sela acara. 
Suasana Grand Ballroom Crowne Plaza malam itu begitu meriah. Orang-orang muda pun bernyanyi dan menari ala mereka. Suasana semakin meriah dengan penampilan artis ibukota Lisa A Ariyanto dan Regina. Malam itu, tak kurang dari 2.000 umat dengan mayoritas orang muda, mengikuti Joyful Concert. Suasana begitu meriah penuh sukacita. 

Sosok
Gegujengan ala FKT OMK Kulon Progo 2016
Festival Kesenian Tradisional (FKT) merupakan salah satu event yang diselenggarakan Orang Muda Katolik (OMK) Rayon Kulon Progo, Yogyakarta. Festival ini berfokus pada pelestarian budaya Jawa dalam bentuk kesenian tradisional dan lokal, yang melibatkan penampil dari paroki-paroki di Kabupaten Kulon Progo, penampil paroki tamu dari luar Kulon Progo, akademisi (universitas dan sekolah), serta kelompok kesenian lokal di sekitar lokasi penyelenggaraan. FKT ini menjadi media pertemuan antar individu, antara individu dengan kelompok, maupun antar kelompok dari kalangan OMK maupun masyarakat umum.


Daftar isi :

Liputan Khusus
  1. Festival Anak di Paroki Pangkalan

Sajian Utama
  1. Tantangan-tantangan Baru Seminari Tinggi Kentungan
  2. Pertemuan Tim Peduli Pendidikan se-KAS

Lintas Iman
  1. Teman bagi Warga Binaan Narkotika
  2. Chris John Selalu Bersaksi Di Atas Ring Tinju

Lintas OMK
  1. OMK Ambarawa Adakan Porsiman III
  2. Baksos OMK Paroki St Alfonsus-Nandan di Panti Asuhan Bakti Luhur
  3. OMK BSB Gelar Sejuta Warna Bagi Gereja dan Negara

Lintas Semarang
  1. Joyful Concert for AYD 2017 di Semarang
  2. 5000 Umat Ikuti Novena I GMKA
  3. Sejenak Tinggalkan Gadget
  4. Dihantar Bak Pengantin
  5. Setelah 8 Tahun, Akhirnya Gereja BSB Diberkati
  6. Konser Natas Nitis Netes
  7. Ekaristi Dies ke-34 Unika di Makam Pahlawan
  8. KKIT Sambut Kanonisasi Ibu Teresa


Lintas Jogja
  1. Konggres Alumni De Brito
  2. Menghidupi Ensiklik Laudato Si’
  3. HUT Gereja Kumetiran Ibadat Bersama Umat Kristen
  4. Paroki St Petrus Wonosari Gelar Rasulan
  5. Seminari Tinggi Santo Paulus Yogyakarta
  6. Wakijo Isi Pelatihan Jurnalistik Siswa SD

Lintas Kedu
  1. Keuskupan Adakan Sosialisasi Tax Amnesty
  2. Para Siswi SLB Meriahkan HUT Paroki Ignatius
  3. Seminaris Merto Belajar Sejarah
  4. Belajar Sejarah, OMK Tumbuhkan Patriotisme
  5. PSE Kedu Menggelar Pasar Rebo
  6. Kontingen IYD KAS Ke Vihara Mendut

Lintas Solo
  1. Lomba BKSN Paroki Wedi
  2. Kirab Salib AYD di Wonogiri Dijaga 16 Bidadari
  3. Lustrum SMA PL Santo Yosef Solo
  4. Generasi Z Tak Tahan Hadapi Kesulitan
  5. Pemeluk Agama Perlu Membangun Toleransi
  6. Selamat Jalan Bruder Nicolaus FIC

Sosok
  1. Rama Andita Triayanto MSF - Melukis dengan Ballpoint
  2. Sr M Chantal AK - Manggung Sebagai Sinden

Dapatkan artikel komplit hanya di majalah Salam Damai

No comments