Header Ads


Breaking News

PSE Kedu Menggelar Pasar Rebo

Salah satu misi komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Kevikepan Kedu adalah berusaha meningkatkan kesejahteraan para petani binaannya, khususnya para petani organik melalui berbagai kegiatan pelatihan, diskusi serta demplot pertanian di kompleks Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan (PPSM) Muntilan.  Untuk memasarkan hasil-hasil pertanian mereka, komisi PSE Kedu merintis Pasar Rebo sebagai sarana mempertemukan langsung petani berbagai komoditas organik dengan masyarakat umum sebagai pembeli. 

Para petani binaan PSE Kedu memasarkan komoditas organik saat Pasar Rebo digelar PPSM Muntilan. (Foto: Anton W)
Menurut Koordinator Pasar Rebo, Sigit Triyono,  pasar yang dimulai sejak pertengahan Juni 2016 ini memfasilitasi 30an petani binaan komisi PSE dari wilayah Muntilan, Salam dan Srumbung dan menempati sepetak lahan di demplot pertanian PSE Kedu.  Komoditas yang dijual terutama hasil pertanian organik seperti beras, sayur-mayur, bumbu dapur, buah-buahan, ketela dan talas, ikan lele serta makanan olahan. 

Diharapkan dengan mempertemukan langsung antara petani dengan pembeli dapat memutus rantai pasar yang panjang, sehingga ada keuntungan dari kedua pihak, yakni petani yang memiliki kebebesan menentukan harga dan pembeli yang mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik. 

Untuk menjaring konsumen lebih luas, berbagai sosialisasi telah dilakukan baik lewat getok tular anggota PSE Kedu maupun jejaring media sosial. Sampai dengan pertengahan Agustus 2016 ini, Pasar Rebo tidak hanya dibuka pada hari Rabu, namun sudah ditambah dengan hari Sabtu dan diharapkan bisa lebih sering frekuensinya. # Anton Wijayanto

No comments